Sukses

Lifestyle

Isap Polusi Udara, Gedung Ini Ubah Karbon Jadi Berlian

Fimela.com, Jakarta Polusi udara di Ibu Kota telah meracuni paru-paru puluhan ribu orang. Pembakaran sampah, polusi yang dihasilkan pabrik-pabrik, hingga asap yang dikeluarkan kendaraan. Indonesia mungkin tidak seburuk Cina yang dinobatkan menjadi negara yang paling berpolusi sedunia. Tapi, ada baiknya jika udara yang kamu isap menjadi lebih bersih dan sehat. 

Melihat kendala itu, sepertinya Indonesia membutuhkan sebuah solusi menggunakan teknologi canggih. Seperti yang dilakukan Daan Roosegaarde, seniman asal Belanda yang menciptakan sebuah gedung yang bisa mengubah polusi udara menjadi berlian. Ya, berlian!

Sebenarnya, gedung ini dibuat untuk Cina, dalam upaya menurunkan, bahkan membersihkan polusi di negaranya Jack Ma itu. Jadi, gedung ini mengisap asap dan polusi udara, kemudian membersihkan udara tersebut menjadi nanopartikel. Dengan kata lain, gedung itu membersihkan udara kotor yang selama ini kamu hirup. 

Udara yang bersih itu dikeluarkan ke arah taman-taman kota dan taman bermain anak-anak. Sementara, karbon yang terkumpul dari udara kotor itu ditekan selama setengah jam. Ajaibnya, karbon yang ditekan selama setengah jam itu berubah menjadi berlian. Berlian tersebut kemudian dijual kembali untuk mendanai biaya pembuatan gedung 'ajaib' ini. Sehingga, seluruh daerah metropolitan di Cina memiliki udara yang bersih. Menurutmu, perlukah Indonesia memiliki gedung seperti ini?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading