Sukses

Lifestyle

Ini 5 Alasan Kenapa Sri Mulyani Jadi 'Bintang' Reshuffle Kabinet

Fimela.com, Jakarta Berita reshuffle kabinet yang tadinya simpang siur itu akhirnya terlaksana juga. Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo mengumumkan melalui Twitter, akan mengumumkan kabinet barunya. Dalam tweet-nya pada Rabu (27/7) kemarin, Jokowi menulis dukungan rakyat terhadap reshuffle ini sangat penting untuk keberhasilan pemerintahan. 

"Kabinet baru akan segera diumumkan. Dukungan rakyat sangat penting untuk keberhasilan pemerintahan-Jkw." Begitu tweet lengkapnya. Namun, ramainya reshuffle ini ternyata karena ada sosok Sri Mulyani yang menjadi Menteri Keuangan di kabinet yang baru ini. Bahkan, Sri Mulyani disebut-sebut sebagai bintang reshuffle Kabinet Jilid II. Kenapa?

1. Pada saat Jokowi mengumumkan reshuffle Kabinet Jilid II, nama Sri Mulyani disebut pertama kali. Direktur Pelaksana Bank Dunia itu diminta Jokowi menggantikan Bambang Brojonegoro sebagai menteri keuangan. 

 Sri Mulyani menjadi Menteri Keuangan menggantikan Bambang Brodjonegoro (Liputan6.com/Faizal Fanani)

2. Menurut laporan Liputan6, pada saat namanya disebut pun, istana yang tadinya sunyi senyap mendadak riuh. Banyak yang bersorak dan bertepuk tangan. 

Sejumlah pihak berunjuk rasa menolak pengangkatan Wiranto menjadi Menko Polhukam dan Sri Mulyani Indrawati sebagai Menteri Keuangan.

3. Menteri Sekretaris Negara Pratikno membacakan biografi Sri Mulyani. Menurut laporan media yang sama, hanya biografi Sri Mulyani yang dibacakan lebih lama. 

Menteri Keuangan yang baru Sri Mulyani Indrawati disambut saat tiba di Kementrian Keuangan, Jakarta, Rabu (27/7).Menkeu baru Sri Mulyani datang untuk saat serah terima jabatan dari Menkeu sebelumnya Bambang Brodjonegoro. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

4. Ternyata, Jokowi ternyata sudah lama menginginkan Sri Mulyani untuk menjadi menteri. Namun sebelumnya ditolak. "Saya dengar Presiden juga mendekati Sri Mulyani, namun Sri Mulyani menolak dengan halus. Jadi kalau sekarang Sri Mulyani bersedia mungkin timing-nya sudah tepat, itu sangat bagus‎," kata Ekonom Tony Prasetiantono. 

Pelantikan menteri baru hasil perombakan kabinet jilid II di di Istana Negara, Jakarta, Rabu (27/7). Wajah baru dalam reshuffle jilid II diantaranya Wiranto dan Sri Mulyani. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

5. Tony juga menambahkan, telah banyak ekonom yang menyarankan untuk kembali memanggil Sri Mulyani. Pada salah satu pertemuan beberapa waktu lalu, para ekonom dan Jokowi sepakat bahwa, kalau ingin menjalankan ekonomi yang berdaulat dan maju, butuh sosok menteri ekonomi yang aksentuatif atau merebut hati investor. Dan, Sri Mulyani diyakini tepat untuk hal ini. 

Sri Mulyani Indrawati kini menjabat sebagai Menteri Keuangan di Kabinet Kerja.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading