Sukses

Lifestyle

Ikan Haring, Komunikasi Melalui Kentut

Fimela.com, Jakarta Ikan Haring atau Hering merupakan ikan kecil yang hidup berkelompok dan sering bergerak dalam kawanan besar di sekitar bagian laut yang dangkal dan pinggiran pantai. Ikan ini popular di Belanda dan menjadi makanan favorit yang disajikan mentah.

Baca Juga

Peneliti Bob Batty, Ben Wilson dan Larry Dill menemukan hal unik pada ikan Haring. Beberapa jenis ikan Haring memiliki metode unik dalam berkomunikasi, yaitu dengan membuang gas atau kentut.

Tapi kentut Haring bukanlah berasal dari proses pencernaan, melainkan udara yang dimakan dari permukaan dan mengeluarkannya di lubang kecil dekat anus ikan. Karenanya, kentut pada ikan Haring lebih pada definisi teknis.

Ikan Haring atau Herring | foto : istimewa

Saat ikan buang gas, gelembung yang dihasilkan akan menciptakan suara berfrekuensi tinggi yang hanya bisa didengar Haring. Ikan Haring menggunakan suara tersebut untuk membentuk kawanan protektif di malam hari guna membantu mereka tetap aman.

Peneliti mengatakan, Haring hanya berisik saat malam dan hal ini menunjukkan, suara membuat ikan mampu mencari lokasi temannya saat visibilitas rendah. Fenomena Haring yang bisa kentut itu dinamakan Fast Repititve Tick.Temuan ini mendapat Hadiah Nobel karena dianggap bermanfaat.

 

 

;
Loading