Sukses

Lifestyle

5 Kebiasaan Sepele Ini Sama Bahayanya dengan Merokok

Bintang.com, Jakarta Siapa yang tidak tahu bahaya merokok? Saking miliki banyak sekali imbas buruk, pemerintah pun membuat aturan untuk menuliskan risiko bagi para pemakainya di setiap bungkus rokok.

Meski dibilang sama berbahaya dengan rokok, tapi sebenarnya 5 kebiasaan ini mengancam kesehatan hampir seluruh tubuhmu. Jadi, jangan sampai tubuhmu melakukan kegiatan ini terlalu sering atau lama. Meski tak terlihat berbahaya, namun kegiatan ini bisa menimbulkan kanker dan beberapa penyakit lainnya, loh. Yuk simak 5 kebiasaan yang nggak baik untuk kesehatan tubuh. Jangan lupa untuk sebisa mungkin dihindari setelah mengetahuinya, ya!

Duduk sepanjang hari. Meski kamu melakukan olahraga rutin, namun kebiasaan duduk untuk waktu yang panjang, meski di meja kerja, atau di mobil bisa menumbuhkan kemungkinan tubuh terkena berbagai masalah kesehatan. WomensHealthMag menuliskan, menurut lberta Health Services-Cancer Care di Kanada, tidak melakukan aktivitas apapun telah menimbulkan 160.000 kasus penyakit yang menyerang payudara, prostat, dan kanker paru-paru.

Terlalu banyak makan daging. Protein hewani kaya akan IGF-1, sebuah hormon yang bisa menumbuhkan sel-sel kanker. Dalam sebuah studi yang dilakukan di University of Southern California menemukan bahwa orang-orang yang sering mengonsumsi protein hewani saat usia paruh baya miliki punya kemunkinan empat kali lebih besar meninggal karena kanker.

Menggunakan minyak yang salah. Bahkan ketika kamu menggunakan kompor elektirk di rumah, kamu tidak imun dari efek polusi. Sebuah penelitian yang melibatkan restoran dan dapur yang ada di masyarakat telah menemukan hasil bahwa memasak menggunakan minyak sayur bisa menimbulkan beberapa masalah. Asapnya bisa mengandung aldehida, dan hidrokarbon aromatik polisiklik, semua senyawa yang ditemukan dalam asap rokok dan terkait dengan peradangan saluran pernapasan.

Tanning di dalam ruangan. Menurut sebuah studi yang dilakukan Journal of the American Medical Association, melakukan tanning indoor menyebabkan 420.000 kasus kanker kulit di Amerika Serikat setiap tahunnya. Sementara merokok menyebabkan 226.000 kasus kanker paru-paru.

Kurang tidur. Hal ini memang bisa membuat siapapun menjadi cranky. Kurang tidur juga bisa menyebabkan darah tinggi, serangan jantung, stroke, obesitas dan banyak lagi masalah kesehatan. Bahkan sebuah studi mengatakan bahwa jika kamu tidak mendapatkan tidur yang cukup yakni 6 hingga 7 jam, maka kamu miliki permasalahan yang sama dengan para perokok aktif.

Loading