Sukses

Lifestyle

Tanggapan Kabar Menteri ESDM Arcandra Tahar Jadi Warga Negara AS

Fimela.com, Jakarta Perihal kabar Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar merupakan warga negara Amerika Serikat, bantahan datang dari Menteri Sekretaris Negara Pratikno. Sebagaimana diwartakan Liputan6.com, Pratikno menegaskan, Arcandra merupakan pemegang paspor Indonesia.

"Kami ingin tegaskan bahwa Pak Archandra Tahar itu adalah pemegang paspor Indonesia. Beliau ketika masuk ke Indonesia menggunakan paspor Indonesia," tuturnya di Bumi Perkemahan Wiladatika Cibubur, seperti dikutip dari keterangan tertulis. Bahkan Pratikno mengatakan, paspor milik Arcandra masih berlaku hingga tahun 2017.

Arcandra Tahar membantah dirinya pernah memperoleh paspor Amerika Serikat.

Kembalinya Arcandra ke Indonesia, kata Pratikno, merupakan permintaan langsung Presiden Joko Widodo. Pasalnya Jokowi menilai, Arcandra memiliki kualifikasi internasional dan keinginan untuk mengabdikan diri pada negara. "Pak Presiden memang meminta beliau untuk pulang ke Indonesia. Banyak sekali orang hebat kita yang di luar negeri yang sangat penting untuk membantu bangsa kita sendiri. Apalagi Pak Archandra punya kualifikasi internasional," sambung Pratikno, seperti dimuat Liputan6.com.

Selaras dengan Pratikno, Arcandra pun telah membantah kabar kewarganegaraan tersebut dengan mengaku dirinya adalah pemegang paspor Indonesia pada Minggu (14/8). "Saya masih pegang paspor Indonesia, masih valid," kata Arcandra, seperti diwartakan Liputan6.com.

Arcandra Tahar menjadi Menteri ESDM menggantikan Sudirman Said (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Arcandra Tahar bergabung dengan Kabinet Kerja terhitung sejak Rabu (27/7). Ia diangkat sebagai Menteri ESDM bersama sejumlah menteri lain berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 83/P Tahun 2016 tentang Penggantian Beberapa Menteri Negara Kabinet Kerja Periode 2014-2019.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading