Sukses

Lifestyle

Cepat Gemuk? Jangan-jangan Kamu Melakukan Ini Saat Makan

Fimela.com, Jakarta Waktu istirahat sebentar, jika makan siang di luar menunggu pesanan pun lama. Hal tersebut seringkali membuat banyak orang terburu-buru. Ya, memburu waktu agar kembali ke kantor di waktu yang tepat merupakan kewajiban rutin yang tak tercatat.

Namun, tahukah kamu kalau makan siang terburu-buru bisa membuat tubuh gemuk? Disadur dari Self, makan dengan cepat menyebabkan ketidaknyamanan serius pada badan. Ya, kamu bisa merasakan gangguan seperti pencernaan hingga kegemukan.

Ahli gizi dan psikolog klinis pun menyarankan agar tidak makan dengan ritme yang cepat. "Makan secara pelan direkomendasi ahli gizi. Sejak lama saran ini disampaikan. Telah bertahun-tahun," ujar Amanda Foti, M.S., R.D., dari Selvera Weight Management Program pada Self.

Mendukung pernyataan diatas, pada Liputan6.com, Anindita Citra, S. Psi, M. Psi, psikolog dari Departemen Psikolog klinik LightHOUSE juga menyarankan konsep mindful eating sebagai metode makan ideal untuk tubuh. Menurutnya, kunci dari makan adalah fokus dan sadar pada momen yang sedang di alami. Merasakan dan menyadari apa yang dikonsumsi oleh tubuh. Mulai dari rasa, aroma hingga warna asupan makanan.

Makan secara perlahan bisa memberikan waktu pada tubuh untuk menerima sinyal kenyang. Sementara itu, waktu yang ideal dan dibutuhkan tubuh untuk menerima sinyal kenyang adalah 20 menit. "Saat kita makan secara perlahan, pencernaan dapat bekerja dengan lebih baik sehingga berat badan terkendali," ujarnya pada Liputan6.com.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading