Sukses

Lifestyle

20 Hari Jadi Menteri ESDM, Ini Alasan Arcandra Tahar Dipecat?

Fimela.com, Jakarta Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar resmi dicopot dari jabatannya oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi kemarin, Senin (15/8) malam. Sebagaimana diwartakan Liputan6.com,pemberhentian lelaki yang telah berdiam selama 20 tahun di Amerika Serikat itu merupakan responsif Jokowi terhadap isu kewarganegaraan.

"Melihatnya bahwa presiden responsif terhadap persoalan-persoalan yang muncul. Pertanyaan-pertanyaan yang muncul atau timbul di publik tentu tidak hanya itu. Presiden memperoleh informasi, data yang berkembang, yang akhirnya Presiden memutuskan memberhentikan dengan hormat (Menteri ESDM Arcandra Tahar)," kata Staf Khusus Presiden Johan Budi SP di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (15/8), seperti dimuat Liputan6.com.

  Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Jubir Kepresidenan Johan Budi SP mengumumkan pemberhentian Arcandra Tahar dari posisinya sebagai Menteri ESDM di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin (15/8/2016). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Ia melanjutkan, sebagai pelaksana tugas (Plt) Menteri ESDM, Presiden menunjuk Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan. Efektif pemberhentian sebagai menteri efektif hari ini Selasa (16/8). Belakangan, lelaki berdarah minangĀ ituĀ dikabarkan menyandang status sebagai warga Amerika Serikat dan memiliki paspor negara tersebut.

Kabarnya, ia telah menjadi warga negara Adidayaitu melalui proses naturalisasi pada Maret 2012 dengan diambilnya oath of allegiance atau sumpah setia pada Amerika Serikat. Namun demikian Candra memastikan, ia masih menjadi WNI meski telah bermukim dan berkarier di negara federal tersebut. Bahkan Arcandra Tahar mengatakan masih memiliki paspor Indonesia yang bisa dibuktikan validitasnya.

Arcandra Tahar menjadi Menteri ESDM menggantikan Sudirman Said (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading