Sukses

Lifestyle

Archandra Tahar, Siapa Suruh Datang Jakarta

Fimela.com, Jakarta Arcandra Tahar, sebelumnya nama tersebut mungkin masih sangat asing ditelinga masyarakat Indonesia. Namanya mulai dikenal setelah Presiden Jokowi mengangkat Archandra sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menggantikan posisi Sudirman Said.

Namun sayangnya, pria kelahiran Padang 10 Oktober 1970 yang baru menjabat selama 20 hari tersebut harus merelakan jabatannya lantaran Presiden Jokowi telah memutuskan untuk memberhentikannya. Tentunya Presiden Jokowi memiliki alasan yang jelas mengapa ia memberhentikan Archandra.

"Menyikapi pertanyaan-pertanyaan publik terkait dengan status kewarganegaraan Menteri ESDM saudara Archandra Tahar. Dan setelah memperoleh informasi dari berbagai sumber, Presiden memutuskan untuk memberhentikan dengan hormat saudara Arcandra Tahar dari posisinya sebagai Menteri ESDM," kata Menteri Sekretaris Negara Pratikno, di Istana Negara, Senin (15/8/2016), seperti dikutip dari Liputan6.com.

Masyarakat Indonesia memang masih belum banyak yang mengenal Arcandra, tapi nama pria lulusan teknik mesin Institut Teknologi Bandung 1994 ini justru sangat dikenal di Amerika Serikat. Archandra yang melanjutkan studi magister dan doktoralnya di Texas A & M University jurusan teknik kelautan itu memutuskan untuk bermukim di AS sejak 1996.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Jubir Kepresidenan Johan Budi SP mengumumkan pemberhentian Arcandra Tahar dari posisinya sebagai Menteri ESDM di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin (15/8/2016). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Namun sebelum menetap di AS, Archandra adalah orang Padang asli. Bahkan para guru-gurunya semasa sekolah di Padang dulu telah memberikan beberapa testimoni tentang Archandra semasa kecil. Archandra yang menempuh pendidikan di SMA 2 Padang tersebut dikenal sebagai murid yang baik dan taat ibadah.

“Waktu saya mengajar dia di kelas XII Fib, ia belajar sangat tenang, dan aktif dalam menangkap pelajaran dari saya,” ungkap Risnawati Bactiar, guru Fisika SMA 2 Padang, seperti dikutip dari Antara. Ya Archandra memang dikenal sebagai anak yang pandai, tak heran setelah lulus kuliah di Amerika dan bekerja di sana Archandra telah memiliki tiga hak paten terkait teknologi pengeboran lepas pantai.

Diberhentikannya Archandra dari posisi sebagai Menteri ESDM ini pun langsung menari perhatian para pengguna media sosial dengan mengibarkan tagar #ArchandraAnakBangsa. Mantan Kepala BIN AM Hendropiyono bahkan juga ikut berkomentar perihal Arhcandra.

“Saya menghimbau masyarakat untuk tidak terbawa arus kebencian terhadap anak bangsa kita sendiri, Archandra Tahar. Dia terpilih sebagai menteri karena kecerdasannya, karena memiliki prestasi yang gemilang. #ArchandraAnakBangsa,” tulis AM Hendropriyono. Menurut AM Hendropriyono, kita harus bangga dengan Archndra yang demi memajukan Indonesia, dia rela meninggalkan gaji yang jumlahnya miliaran di Amerika Serikat untuk kembali ke Jakarta.

Dilansir dari Liputan6.com, Archandra Tahar disebut-sebut telah menjadi warga negara Amerika Serikat sejak Maret 2012 dengan melalui proses naturalisasi. Namun mengenai hal tersebut pada 14 Agustus 2016 lalu Archandra sempat membantah pernah memiliki paspor Amerika Serikat dan secara tegas ia mengatakan bahwa dirinya masih warga negara Indonesia.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading