Sukses

Lifestyle

Editor Says: Pelajaran Hidup dari Pohon Bambu

Fimela.com, Jakarta Pohon bambu tidak hanya menarik untuk menghias taman. Kita dapat menjumpai pohon bambu dengan mudah di sekitar lingkungan kita. Akan tetapi siapa yang menyangka jika pohon berbentuk ramping ini mengandung filosofi hidup yang berguna untuk kehidupan manusia.

Pohon dengan batang yang panjang dan memiliki daun seperti rumput ini menyimpan filosofi yang mungkin belum diketahui banyak orang. Pertumbahan bambu bisa dibilang termasuk lambat.

Satu hingga tiga tahun, pertumbuhan pohon bambu sangatlah lambat. Bukannya tidak mengalami pertumbuhan, hanya saja kita tidak melihat  pertumbuhan pohon bambu dengan kast mata.

Fokus pertumbuhan pohon bambu pada waktu tersebut adalah pada akarnya, bukan pada batang. Pohon bambu sedang menyiapkan pondasi yang kuat agar ia bisa menopang ketinggiannya yang bisa mencapai berpuluh-puluh meter.

Proses kehidupan pohon bambu ini mengandung arti filosofi untuk manusia. Yakni betapa pentingnya fondasi yang kuat. Menurut klasifikasinya, pohon bambu termasuk tanaman jenis rumput-rumputan.

Meskipun memiliki latar belakang tanaman rumput, akan tetapi bambu mempunyai karakter.Kegunaan dan cara bambu dalam 'mengekspresikan' diri, menjadikannya tanaman rumput yang berbeda. Dalam kehidupan sehari-hari, sebenarnya latar belakang bukanlah penentu, melainkan bagaimana upaya kita untuk mengekspresikan potensi diri tanpa peduli dengan latar belakang kita.

Fleksibilitas

Pohon bambu juga mengajarkan kita tentang fleksibilitas. Di tengah tiupan angin yang sangat kencang, mungkin banyak diantara kita yang melihat pohon-pohon besar tumbang. Akan tetapi jarang sekali kita melihat pohon bambu roboh karena tiupan angin.

Selain memiliki akar yang kuat, bambu mempunyai batang yang mampu 'bergoyang' bersama angin. Oleh karena itu, dalam cuaca buruk dan angin kencang, batang pohon bambu bisa 'bergoyang' mengikuti arah angin.

Sementara pohon-pohon lain yang memiliki batang yang lebih besar dari bambu, justru tidak kuat menghadapi kekuatan angin. Inilah yang dimaksud dengan fleksibilitas.

Jika Anda seringkali mengalami kegagalan dan merasa jauh dari kata sukses, bukan berarti diri Anda tidak berkembang. Justru Anda sedang mengalami pertumbuhan yang luar biasa dalam diri Anda.

 

A photo posted by @adele.hing on

Bisa dibilang dengan kegagalan yang dialami, mental Anda sedang ditempa dan dipersiapkan menuju kesuksesan. Tidak ada jalan pintas untuk meraih kesuksesan. Sukses membutuhkan pondasi yang kuat dan tahan banting.

Dari filosofi pohon bambu ini, kita dapat belajar bahwa meskipun berlatar belakang tanaman rumput, bambu bisa beda katena memiliki karakter yang kuat, tegar, ulet dan lentur. Dan hal-hal tersebut merupakan filosofi hidup agar Anda tetap tegak dalam menghadapi badai dan persoalan hidup.

Loading