Sukses

Lifestyle

Jadi Sorotan, Ini Kisah 'Manusia Tertua di Bumi' Asal Indonesia

Fimela.com, Jakarta Adalah Sodimejo, lelaki asal Sragen, Jawa Tengah yang diklaim sebagai manusia tertua di Bumi. Berdasarkan laporan Telegraph, kakek yang akrab disapa mbah Gotho ini telah menginjak usia 145 tahun. Berdasarkan tanggal lahir yang tertera di Kartu Tanpa Penduduk (KTP) miliknya, mbah Gotho lahir pada 31 Desember 1870.

Merasa sudah sangat tua, mbah Gotho mengaku telah siap meninggal. Bahkan, ia sudah mempersiapkan nisannya sejak 20 tahun silam. Sebagaimana dimuat The Sun, ia telah kehilangan kakak dan adik berjumlah 10 orang, begitu pula dengan keempat istrinya, di mana yang terakhir meninggal pada 1988, juga semua anaknya.

Apa jadinya jika orang yang diberi umur panjang ingin cepat-cepat mati?

Kini, sebagaimana diwartakan Independent, ia hidup dengan cucu dan anak dari cucunya. Diklaim sebagai manusia tertua di Bumi, mbah Gotho mematahkan 'gelar' tersebut dari seorang perempuan asal Perancis yang diketahui hidup hingga usia 122 tahun. "Aku hanya ingin meninggal. Cucuku semua sudah mandiri sekarang," ucapnya ketika di wawancara Liputan6.com, Selasa (23/8).

Salah satu cucu mbah Gotho, Suryanto mengatakan, sang kakek telah mempersiapkan kematiannya sejak berusia 122 tahun, namun takdir berkata lain. Suryanto juga menambahkan, pihak keluarga telah menyiapkan makam untuk mbah Gotho di dekat sang anak. Ketika ditanya keseharian kakeknya, Suryanto mengaku lelaki itu lebih sering mendengarkan radio karena penglihatannya sudah terlalu buruk untuk menonton televisi.

Mbah Gotho kakek 146 tahun dari Sragen (Liputan6.com / Fajar Abrori)

Kisah mbah Gotho ini pun berhasil menyedot perhatian dunia dan dimuat oleh sejumlah kantor berita internasional. Ketika ditanya soal rahasia untuk berumur panjang, mbah Gotho mengatakan, "hanya sabar.".

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading