Sukses

Lifestyle

Ojek Difabel Pertama di Dunia Ada di Yogyakarta

Fimela.com, Jakarta Ditengah menjamurnya ojek online, ada alat transportasi serupa yang memberikan kenyamanan yang lebih untuk para difabel atau orang-orang yang berkebutuhan khusus. Inilah ojek khusus difabel pertama di dunia yang ternyata ada di Indonesia, atau tepatnya di Yogyakarta.

Ya, namanya juga ojek jadi tentunya tidak ada AC ataupun fasilitas lainnya yang bisa dinikmati. Tapi keberadaan ojek difabel ini tentu saja sangat berarti bagi mereka yang sebelumnya cukup sulit untuk menaiki kendaraan umum.

“Susah cari angkot, susah banget. Apalagi penyandang disabilitas kayak kita ini. Mereka (sopir bus) alasannya kan nggak ada krunya,” ujar Muryati seorang penjahit yang sudah berkursi roda sejak kecil seperti dikutip dari BBC Indonesia, Jumat (2/9/2016). Jangankan menuntut soal kenyamanan, ada bus yang mau berhenti saja mereka sudah sangat bersyukur.

Ojek Difabel Pertama di Dunia Ada di Yogyakarta. (Foto: BBC.com)

Untungnya saat ini, seorang pengusaha asal Yogyakarta bernama Triyono membuat sebuah layanan ojek yang membuat perjalanan para difabel semakin mudah. "Hanya segelintir (bus) yang mau (berhenti). Belum lagi ketika kita turun, belum sempat kaki menginjak, (bus) sudah jalan. Berapa puluh yang jatuh? Saya juga pernah juga jatuh. Dari mana segi nyamannya untuk kita?" kata Triyono.

Triyono tau betul apa yang sering dialami oleh para difabel, karena bisa dibilang Triyono adalah bagian dari mereka. Triyono diserang polio ketika kecil, semenjak itu ia pun harus menggunakan tongkat untuk berjalan.

Desember 2015, Triyono mulai merintis Difa City Tour yang kini sudah mengoperasikan 15 motor. Tampilan motor tersebut tentunya sudah diubah sedemikian rupa sehingga bisa dinaiki oleh mereka yang duduk di kursi roda.

Tak hanya penumpangnya saja, ojek ini pun semakin istimewa lantaran para pengemudinya juga difabel. “Kita unik, semua melibatkan difabel. Kita satu-satunya (ojek) di dunia yang betul-betul mengakomodasi para difabel," jelas Triyono.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading