Sukses

Lifestyle

5 Tradisi Unik Idul Adha di Berbagai Negara

Fimela.com, Jakarta Idul Adha adalah salah satu hari penting bagi umat Islam di seluruh dunia. Di hari ini masyarakat Muslim memperingati sebuah peristiwa besar yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim yang sekarang kita kenal dengan sebutan kurban.

Ya, setelah melaksanakan salat di pagi hari, umat Muslim akan melaksanakan sebuah proses penyembelihan hewan kurban yang nantinya akan dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan. Lalu apakah kegiatan unik lainnya yang terjadi saat Idul Adha dibeberapa negara? Berikut ulasannya.

5 Tradisi Unik Idul Adha di Berbagai Negara. (Foto: i.ytimg.com)

1. Pasar “Dadakan” di China. Meskipun hanya sedikit masyarakat China yang beragama Islam, namun ternyata Idul Adha tetap dirayakan dengan sangat meriah. Setelah melaksanakan salat Ied masyarakat muslim di sana akan saling bertukar makanan atau hadiah lainnya. Selain itu, perayaan Idul Adha yang berlangsung selama empat hari tersebut juga akan dimeriahkan dengan pasar “dadakan”.

5 Tradisi Unik Idul Adha di Berbagai Negara. (Foto: news.xinhuanet.com)

2. Memandikan Hewan Kurban di Pakistan. Pemerintah Pakistan secara khusus meliburkan pegawainya selama empat hari. Dan yang paling unik saat perayaan Idul Adha di Pakistan adalah kegiatan memandikan hewan kurban sebelum di sembelih. Tak hanya dimandikan, hewan kurban pun akan dihias dengan berbagai kalung yang terbuat dari bunga.

5 Tradisi Unik Idul Adha di Berbagai Negara. (Foto: ifsf.net)

3. Penyembelihan Hewan Kurban di Amerika Serikat. Di Negeri Paman Sam ini hewan kurban tidak dipotong di area atau halaman masjid seperti di Indonesia, biasanya masyarakat Islam di Amerika Serikat melakukan penyembelihan di tempat-tempat pemotongan hewan setelah itu baru dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan.

5 Tradisi Unik Idul Adha di Berbagai Negara. (Foto: ghmhotels.com)

4. Kurban Unta di Arab Saudi. Ya, kebanyakan negara-negara yang merayakan Idul Adha akan mengurbankan hewan-hewan seperti sapi atau kambing. Hmmm, di Arab beberapa hewan tersebut juga di kurbankan, hanya saja memang lebih banyak unta yang dikurbankan. Setelah dipotong, nantinya oleh Pemerintahan Kerajaan Arab Saudi daging hewan kurban akan dibagikan ke negara-negara Islam yang miskin seperti di Afrika, Asia tengah, dan Asia Selatan.

5 Tradisi Unik Idul Adha di Berbagai Negara. (Foto: i.tmgrup.com.tr)

5. “Festival Sapi” di Turki. Pada saat perayaan Idul Adha pemerintah Turki memberlakukan libur selama empat hari penuh. Perayaan Idul Adha di Turki dikenal dengan sebutan Baqri-Eid atau “Festival Sapi”, walaupun sebenarnya hewan yang dikurbankan tidak hanya sapi. Seperti di Indonesia saat Idul Adha di Turki juga menyembelih hewan domba ataupun kambing.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading