Sukses

Lifestyle

Pinjamkan Uang ke Teman? Ini 4 Aturan yang Tak Boleh Kamu Langgar

Fimela.com, Jakarta Melihat teman atau saudara yang sedang membutuhkan uang rasanya tak tega. Selama kamu memiliki uang lebih dan mampu, kamu ingin sekali membantu mereka. Sebenarnya, sikap ini baik dan memang sudah seharusnya saling membantu dalam persaudaraan dan pertemanan. 

Tapi, sebelum meminjamkan uang kepada orang lain, sebaiknya kamu harus memastikan kalau uang yang kamu punya cukup untuk keperluanmu. Jangan sampai, kamu juga jadi berutang setelah meminjamkan sebagian uangmu kepada orang lain. 

1. Kacuali orang yang sangat kamu percaya, mengertilah kadang ada saja orang yang tak ingin atau sanggup mengembalikan uang yang sudah mereka pinjam. Apa pun alasannya, hal ini pasti membuatmu kesal. Karena itu, jangan sekali-kali meminjamkan uang dalam jumlah yang besar kepada orang yang tak terlalu dekat denganmu. 

 

A photo posted by Badmintoncrut (@badmintoncrut) on

2. Menghindari risiko uang tak kembali, sebaiknya kamu membuat sebuah perjanjian atau kontrak dengan orang tersebut. Kapan akan dikembalikan, dan jumlahnya. Dan, tulis juga apa sanksinya kalau orang tersebut melanggar perjanjian. Tapi mungkin, cara ini hanya bisa kamu lakukan kalau uang yang kamu pinjamkan berjumlah besar. 

 

A photo posted by buttercup (@ddxxta) on

3. Kalau kamu benar-benar berniat membantu seseorang yang sedang memerlukan uang, sebaiknya jangan berikan bunga. Karena, bunga itu akan membebani orang yang harus mengembalikan uang yang sudah dia pinjam darimu. 

4. Jangan paksakan dirimu untuk membantu, kalau memang sedang tak punya uang lebih. Jangan sampai kamu malah kekurangan uang usai meminjamkannya kepada orang lain. Apa lagi sampai membuatmu berutang juga untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. 

 

A photo posted by Mauricio E. Poblano (@medicenpablo) on

5. Makanya, belajar untuk berani menolak dan mengatakan tidak. Kamu harus tegas terhadap orang lain dan juga dirimu sendiri. Jangan lengah dalam persoalan uang. Dan berhati-hatilah dengan penipuan, karena kejahatan bisa juga dilakukan orang terdekat. 

 

A photo posted by 张寒石 (@rockyzhang1993) on

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading