Sukses

Lifestyle

Canggihnya Teknologi Juga Memengaruhi Hubunganmu, Nggak Percaya?

Bintang.com, Jakarta Teknologi mempermudah hidup manusia, katanya. Ya, memang ada benarnya. Tapi tentu ada pula sisi negatif dari teknologi yang justru malah 'merusak'. Contohnya, banyak kasus pertemanan via sosial media yang dimanfaatkan orang-orang tak bertanggung jawab untuk melakukan tindak kejahatan. Banyak pula kasus penipuan, atau sekadar memberikan konten negatif yang dianggap dapat memberikan pengaruh buruk bagi pengguna lain.

Pengaruh teknologi dapat menjangkau banyak aspek, tak terkecuali pada hubungan asmaramu Simak, deh, beberapa dampak negatif dari kecanggihan teknologi terhadap hubunganmu.

Semakin banyak drama. Bak panggung hiburan, pesatnya perkembangan teknologi seperti banyaknya media sosial yang bermunculan merupakan potensi lahirnya berbagai drama. "Kenapa dia nggak nge-like foto-foto di instagram yang aku tag ke dia?", "Kenapa dia nggak pasang fitur relationship status denganku di Facebook-nya?", "Kenapa dia komen-komenan terus sama si itu tapi komen aku nggak dibalas?", dan masih banyak lagi. Jelas, itu adalah sesuatu yang takkan terjadi jika teknologi belum berkembang seperti sekarang.

Teknologi bisa mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat. (Foto: washingtonpost.com)

Membanding-bandingkan hubunganmu dengan orang lain. Ini adalah penyakit baru yang dibawa oleh virus teknologi. Sekarang ini, sudah tak aneh lagi melihat pasangan-pasangan, terutama pasangan muda, memamerkan kemesraan di media sosialnya. Mereka menunjukkan betapa romantisnya pasangan mereka dengan bunga dan hadiah-hadiah yang diberikannya. Tanpa disadari, perilaku tersebut pasti memicu reaksi para pengguna media sosial lainnya. Misal; remaja lain yang melihat konten-konten mesra yang diunggah tersebut kemudian jadi berpikir bahwa hubungan itu harus seperti mereka, harus mesra di media sosial, harus penuh kejutan dan hadiah manis. Lalu mereka mulai menuntut pasangannya untuk jadi seperti itu. Efeknya tak baik, kan?

Teknologi bisa mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat. (Foto: talkandroid.com)

Smartphone-mu jadi lebih candu dibanding pasanganmu. Cepat atau lambat, sadar atau tidak, hal ini pasti terjadi. Sibuk dengan smartphone akan membuat intensitas kebersamaanmu dengan pasanganmu berkurang. Jangan sampai kamu lebih tanggap terhadap isu-isu di dunia maya dibanding dengan cerita-cerita kesehariannya, ya!

Teknologi bisa mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat. (Foto: youtube.com)

Meski tak selalu terjadi yang demikian, namun tak ada salahnya juga jika kamu memahami pengaruh apa yang bisa dibawa kecanggihan teknologi itu terhadap hubunganmu, bagaimana terjadinya, serta bagaimana mencegahnya. Ambil manfaat baik dari kecanggihan teknologi, jauhi efek negatifnnya. Untuk apa punya ponsel pintar yang terkoneksi dengan internet tapi koneksimu dengan pasanganmu terputus?

Loading