Sukses

Lifestyle

Mengenal Ladislao Jose Biro, Sosok Google Doodle Hari Ini

Fimela.com, Jakarta Adalah Ladislao Jose Biro, sosok yang hiasi laman Google lewat Doodle unik, Kamis (29/9). Melalui pulpen, lelaki yang tengah berulang tahun ke-117 ini dikenal dunia setidaknya sejak delapan dekade silam. Sebagaimana diwartakan Telegraph.co.uk, inovasi ini ia ciptakan kala Perang Dunia II 'meletus' pada 1938.

Berdasarkan laporan Mirror.co.uk, Biro merupakan seorang jurnalis lepas, pelukis dan inventor yang frustrasi dengan tinta tumpah. Berangkat dari permasalahan tersebut, Biro mengunjungi salah satu percetakan koran, di mana mereka biasa menggunakan tinta cepat kering dan alat penggulung.

"Itu membuatku berpikir bagaimana proses ini bisa diadaptasi ke bentuk sederhana pulpen," tuturnya kemudian, sebagaimana dimuat Telegraph.co.uk. Lalu, lelaki yang lahir dari keluarga Yahudi di Budapest, Hungaria ini menciptakan pulpen pertama pada 1944 dengan nama eterpen seharga £33.

Sebagaimana diwartakan Mirror.co.uk, pihak pertama yang membeli inovasinya adalah Pasukan Udara Kerajaan. Selama Perang Dunia II berlangsung, Biro kebanjiran permintaan hingga 30.000 buah. Namun sesaat setelah perang berakhir, pulpen jadi barang komersial.

Ladislao Jose Biro. (en.wikipedia.org)

Hingga hari ini, inovasi Ladislao Jose Biro, yakni Bic Cristal, merupakan pulpen paling populer di dunia. Penjualannya, sebagaimana dimuat Mirror.co.uk, dominan berada di Britania, Irlandia, Australia dan Italia.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading