Sukses

Lifestyle

Begini Cara Ladislao José Biro Menciptakan Pulpen

Fimela.com, Jakarta Setiap hari, kamu mungkin menggunakan pulpen untuk menulis. Bayangkan, kalau kamu masih menulis pakai tinta, kamu mungkin akan kerepotan dengan tinta yang tercecer. Menulis pun tak akan secepat sekarang. Untung saja ada Ladislao José Biro, yang menciptakan pulpen. 

Biro, pada masa Perang Dunia II, dia sangat frustrasi dengan tinta yang tumpah dan tercecer, menodai banyak kertas dan berbagai peralatan. Dilansir dari The Telegraph, dia lantas pergi ke sebuah percetakan koran dan melihat penggunaan tinta yang cepat kering dan roller untuk mencetak surat kabar. 

Dari konsep itu, dia mendapat ide untuk membuatnya menjadi lebih sederhana, menjadi pulpen. The Telegraph menulis, dia lantas membuat sebuah biro yang bernama Eterpen di tahun 1944. Banyak orang yang mengetahui ide dasar pulpen dari penggunaan tinta kering yang dipakai percetakan koran. Tapi ternyata, tinta tersebut tidak cocok untuk pulpen karena tintanya sangat kental dan mengalir terlalu lama untuk bisa sampai ke ujung pulpen. 

Lantas, dia membuat sebuah ujung pena yang dilapisi tinta tipis dari cartridge. Biro lantas mengetes penemuan ini dengan pulpen dan tinta printing. Tapi hasilnya belum juga sempurna. Biro saat itu dibantu saudaranya, György Bíró, yang merupakan seorang ahli kimia. Dia lantas membuat tinta yang memiliki kekentalan tepat. Ladislao José Biro dan saudaranya lantas mematenkan "Biro" pada Juli 1938. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading