Sukses

Lifestyle

Imbauan Jokowi di Peringatan Hari Batik Nasional

Fimela.com, Jakarta Dalam momentum Hari Batik Nasional, Minggu (2/10), Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengimbau masyarakat untuk terus mengembangkan 'kerajinan' dalam negeri tersebut. Sebagaimana diwartakan Antara, mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengungkap pentingnya mengembangkan batik sebagai warisan budaya leluhur bangsa.

Lewat kicauan di akun Twitter miliknya, Minggu (2/10), Jokowi mengajak publik untuk terus mengembangkan batik. Ia juga menyebut batik sebagai salah satu industri kreatif yang dapat menggerakkan ekonomi nasional. "Kembangkan terus batik sebagai industri kreatif yang menggerakkan ekonomi nasional. Selamat Hari Batik Nasional 2016 - Jkw," tulisnya di Twitter.

Sebelumnya, tanggal 2 Oktober telah disepakati sebagai Hari Batik Nasional. Sebagaimana dilaporkan Antara, hal ini dilakukan sebagai upaya lanjutan dari penetapan batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan non-Bendawi pada 2 Oktober, 7 tahun silam oleh UNESCO.

Bukan hanya soal imbauan dari Presiden, Hari Batik Nasional pun dirayakan masyarakat Indonesia dengan cara unik. Salah satunya, sebagaimana dimuat Antara, oleh warga Gunungkidul, Yogyakarta, yang sengaja membuat mural batik. Aksi tersebut setidaknya melibatkan 30 warga dan pemuda setempat.

Makna tersembunyi di balik Batik Mega Mendung Cirebon (Liputan6.com / Panji Prayitno)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading