Sukses

Lifestyle

Benjolan pada Payudara Belum Tentu Kanker

Fimela.com, Jakarta Bukan cuma wanita, tapi kanker juga menjadi salah satu penyakit yang paling ditakuti oleh pria. Tak heran apabila menemukan keanehan atau benjolan pada area payudara beberapa orang akan langsung panik dan megira itu adalah kanker. Padahal belum tentu benjolan tersebut adalah kanker.

Dilansir DailyMail, ahli bedah payudara dari Colchester Hospital University NHS Foundation Trust mengungkapkan ada banyak hal yang menyebabkan benjolan terlihat di sekitar payudara. Dan berikut ini adalah beberapa penyebab adanya benjolan pada payudara selain karena kanker.

Benjolan pada Payudara Belum Tentu Kanker. (Foto: cdn.skim.gs)

1. Hanya penggumpalan lemak yang tentu saja tidak berbahaya. Ukuran benjolan ini biasanya sekitar dua sampai tiga sentimeter. Jika memang benar hanya penggumpalan lemak, maka benjolan tersebut nantinya lama kelamaan akan menghilang.

Benjolan pada Payudara Belum Tentu Kanker. (Foto: longtron.altervista.org)

2. Benjolan lembut yang terdapat di payudara yang biasanya disebut Hamartoma. Benjolan ini bisa muncul dimanapun, tidak hanya di payudara. Namun karena benjolan ini bisa terus membesar dan terkadang juga menimbulkan sakit, maka untuk pengobatannya lebih baik pilihlah jalan operasi.

Benjolan pada Payudara Belum Tentu Kanker. (Foto:youtube.com)

3. Phyllodes Tumor. Biasanya benjolan ini berukuran dua sampai lima meter dan terdapat di bagian atas payudara atau dekat dengan ketiak. Meskipun tidak akan pernah menyebar hingga ke seluruh tubuh, namun untuk menghilangkan benjolan ini tetap saja harus melalui operasi.

Benjolan pada Payudara Belum Tentu Kanker. (Foto: qsota.com)

4. Benjolan pada payudara juga bisa timbul karena abses payudara. Benjolan muncul akibat payudara kemasukan bakteri yang berasal dari mulut bayi yang masih minum ASI. Ukurannya bisa mencapai lima hingga 10 centimeter.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading