Sukses

Lifestyle

Indonesia Punya Varian Mi Terbanyak di Dunia

Fimela.com, Jakarta Siapa yang sanggup menolak pesona mi? Selain nasi, hidangan tersebut bisa menjadi santapan yang langsung membuat orang lapar seketika. Bahkan ketika perut terasa sudah kenyang, selalu akan ada tempat yang tersisa untuk mi.

Mi atau mie merupakan salah satu makanan tradisional tertua di dunia. Produk olahan tepung ini dipercaya telah menjadi makanan milyaran orang di dunia sejak pertama kali ditemukan di Tiongkok. Indonesia pun tidak ketinggalan, mi telah menjadi makanan sehari-hari bagi sebagian orang di negeri ini. Bahkan untuk mi instan, Indonesia telah dikenal sebagai produsen produk mi tingkat dunia.

 

Yuk @berbagiresep masakan lezat MIE REBUS /EMIE Oleh @yusnita.erni.9 Masaknya kesiangan😩 ..masak yg symple aja...di rebus2 di goreng jadi deh😅😅...ini bumbunya aku beli jadi ....lebih gampang ...tadi ada singgah ke pasarrame buat beli bumbunya ...yg jual abang2 ..enak2 bumbunya mau bumbu apa saja ada ...bagi yg mau bikin sendiri bumbunya aku share resepnya ya...ini aku dapet dari ..ama qu (nenek)dulu untung masih di catet ...😁 Bahan bumbu halus: -ketumbar -jintan -kemiri -bawang putih -udang kering secukupnya di blender halus -merica sedikit -gulamerah secukupnya -garam -gulaputih -penyedap kl suka Bahan pelengkap: -bungalawang.kapulaga.kayumanis. daunsalam -tepungterigu +maizena larutkan diair buat pengental .kuah -tahu digoreng. -tauge rebus -mie kuning -telur rebus -daun seledri -bawang goreng -kerupuk -tomat -sambel cabe Caranya: - masukin bumbu halus +pelengkap di air mendidih .. setelah mendidih masukkan gula merah .beri air lagi setelah nendidih masukkan garam+gula putih sedikit aja+penyedap kl suka..apinya sedang saja.masukkan larutan tepung tadi sambil diaduk2...mau mkn panasin lagi kuahnya...rebus mie kuning beserta tauge ..susun dipiring +kentang+tahu siram di mienya ..beri air jeruk nipis.kecap manis .cabe...kerupuk.daun seledri.tomat .telur tebus..hidangkan panas2 hmm yummy. #mierebus #resepmierebus #berbagiresep_mie

Foto kiriman berbagi resep (@berbagiresep) pada

Yang istimewanya lagi, menurut sebuah media online, Indonesia punya varian mi terbanyak di dunia. Seperti dilansir dari tulisan blog Bagus Ramadhan, terungkap kalau ternyata di Nusantara terdapat berbagai macam jenis masakan mi. Menurut Chef Edwin Lau, kreasi mi di Indonesia paling beragam dari bangsa non-China lainnya. Edwin mengungkapkan bahwa nilai spesial dari mi di Indonesia adalah rasa.

“Yang membuat mi Nusantara spesial adalah cita rasanya yang berani dan kuat, serta harganya yang mayoritas lebih murah dibandingkan mi negara lain. Ini juga yang mendorong pertumbuhan industri mi di Indonesia sangat pesat,” terang Edwin. Chef muda kelahiran Palembang tersebut juga menyebutkan, dari seluruh negara tetangga di kawasan Asia Tenggara, bahkan sampai ke Jepang dan Korea, variasi mi Indonesia jauh lebih banyak.

 

Flying noodle 🍝 #kuliner #kulinerjogja #miejogja

Foto kiriman 🌹 Hunaiva'z 🌹 (@hunaivadee) pada

Menurutnya hal tersebut terjadi karena adanya keragaman budaya di masyarakat Tanah Air. Saking beragamnya jenis varian mi, Chef Edwin kesulitan untuk menyimpulkan ada berapa mi di Indonesia. Namun menurutnya, mi Nusantara dapat diklasifikasikan sesuai daerahnya masing-masing seperti mi Jawa, mi Bangka, mi celor Palembang, mi kocok Bandung, mi Aceh, dan masih banyak lagi. Selain itu, penggolongan juga dapat dilakukan berdasarkan cara masak atau penyajiannya.


Ada yang berkuah, ada yang kuah pisah, ada yang kering, ada yang digoreng, ada yang dimasak pakai arang, ada yang pakai bakso atau pangsit, ada yang bening atau bersantan. Ada juga yang masih baru saja muncul seperti mi bakar, mi campur arang, dan mi dari pasta seafood.  Mi dalam beberapa budaya di Indonesia juga suda menjadi bagian dari tradisi. Seperti anggapan yang menyebutkan kalau mi yang disajikan menyimbolkan panjangnya umur, kesuksesan dan persembahan pada leluhur.

 

Assalamualaikum. Met pagiiii..... 🙌😘 . Mie kocok Bandung ini bikin nya kemaren. Pas buat cuaca yang mendung2 terus kaya gini. Apalagi bikinnya juga gampang. 💕 . . MIE KOCOK 🍜🍴 . . 250gr daging sapi  250gr kikil Bakso secukupnya  Daun jeruk  Jahe geprek  Daun salam  Sereh geprek 1/2 butir biji pala 1/2 sdt merica bubuk Garam dan gula pasir secukupnya . Bumbu halus : 8buah bawang merah  5 siung bawang putih  3 btr kemiri sangrai 1sdm ebi yg direndam air panas Pelengkap  Mie,  tauge,  daun bawang, daun seledri, sambal dan jeruk limau Rebus daging, kikil, daun jeruk, biji pala, jahe sampai empuk. Angkat, potong2. Masukkan lagi daging, kikil dan bakso ke dalam air kaldu. Tumis bumbu halus, daun salam dan sereh sampai harum, masukkan dalam kuah. Beri garam, gula pasir dan meica. Masak sampai mendidih.  Tata mie dan tauge dalam mangkok,  siram dengan kuah kikil.  Beri seledri/daun bawang dan bawang goreng. Sajikan dengan sambal dan perasan jeruk limau. . . #dapurisna #isnarecipe #cobacobayuukk #loveindonesianfood #isnafoodphotography #isnasutanto #uksyedaaap_qatar

Foto kiriman Isna Sutanto (@isnasutanto) pada

Kepercayaan ini merupakan warisan bangsa Tiongkok yang masih lestari di Indonesia. Siapa sangka kalau Indonesia ternyata memiliki varian mi terbanyak di dunia. Seorang chef saja kesulitan untuk mengetahui seluruh variannya. Bagaimana dengan kamu, apa yang jadi mi favorit kamu?

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading