Sukses

Lifestyle

Mau Tambah Stamina? Seruput Kopi Bulan Madu

Fimela.com, Jakarta Minum kopi ternyata tak hanya bisa memuaskan rasa dahaga Anda, tapi juga bisa sebagai penambah stamina. Itu bisa Anda rasakan saat menyeruput Kopi Bulan Madu. Kalau mengaku penyuka kopi sejati jangan sampai tidak mencoba kopi khas Bondowoso, Jawa Timur ini.

Kopi Arabica Java Ijen Raung yang diberi nama Bulan Madu ini berasal dari tumbuhan kopi di lereng kawasan Gunung Ijen dan Raung. Rasanya cukup khas karena selain pahit juga memiliki rasa asam, dan manis seperti rasa cokelat. “Rasanya nano-nano banget, sangat khas, ada kecut atau asem begitu, unik banget, tidak seperti kopi biasa,” ucap salah seorang warga, seperti dilansir dari Times Indonesia.

Kopi Bulan Madu. foto: timesindonesia

Selain punya rasa yang cukup khas, kopi ini juga tidak berbahaya di lambung, karena tanaman kopi ini tumbuh pada lahan di ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut. “Kopi ini diproses secara organik oleh petani dengan menggunakan pola tanam dan perawatan sesuai dengan standar Pusat Penelitian Kopi dan Kakao (Puslitkoka) Indonesia,” terang Muhlis Adi, pemilik UMKM Kilang Mulia.

Muhlis mengaku, sengaja memilih nama ‘Bulan Madu’, karena kopi Arabica Java Ijen Raung ini memiliki khasiat untuk menambah stamina. “Kopi ini punya khasiat untuk menambah stamina dan vitalitas, baik untuk pria maupun wanita. Makanya kita pilih nama 'Bulan Madu',” ungkapnya.

Kopi Bulan Madu. foto: timesindonesia

Untuk urusan harganya,Aanda tidak perlu khawatir, karena masih sangat terjangkau. Satu bungkus dibanderol seharga 50 ribu rupiah dengan berat 200 gram. Menurutnya, peminatnya cukup banyak terutama dari luar Kota Bondowoso. Mereka juga memasarkannya secara online.

Muhlis sendiri berharap kepada pemerintah daerah untuk terus mendorong pertumbuhan industri kecil kopi di Kabupaten Bondowoso. Menurut Muhlis, Bupati sudah mendeklarasikan Bondowoso sebagai 'Republik Kopi’. Jadi kalau ingin minuman penambah stamina, Kopi Bulan Madu dari Repubik Kopi di Bondowoso ini bisa jadi alternatif menarik.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading