Sukses

Lifestyle

6 Makanan yang Baik Untuk Otak dan Tubuh Kita

Fimela.com, Jakarta Makanan yang kita konsumsi tentunya bukan sekedar untuk mengenyangkan perut atau memuaskan rasa lapar. Apa yang kita makan maupun minum juga berpengaruh pada kesehatan kita.

Menurut penelitian, orang yang mengkonsumsi makanan yang diproses cepat atau makanan siap saji yang mengandung banyak lemak tak jenuh, secara signifikan bisa mengurangi fungsi otak. Parahnya lagi, bisa membuat otak mengecil!

Terlalu banyak lemak tak jenuh (yang biasa ditemui di daging merah dan produk susu) juga bisa berkontribusi pada penyumbatan saluran darah. Akhirnya lama kelamaan akan terjadi peradangan pada tubuh termasuk otak.

Selain itu, pengawet makanan di daging cepat saji akan menambah dampak buruknya. Lalu makanan atau minuan apa saja yang yang menyehatkan juga bisa membantu daya ingat dan kerja otak kita? Simak daftarnya berikut ini, seperti dilansir dari grivy.com

Susu

Ketika berpergian jauh dengan menggunakan jalur darat, susu bisa menjadi sangat berguna untuk tubuh. Ini alasannya. (Via:

Selama susu diperkaya dengan Vitamin D, vitamin akan menyediakan energi untuk tubuh yang sekaligus meningkatkan perhatian kita. Vitamin D disebut juga dengan ‘sunshine; vitamin karena paparan sinar UVB yang penting untuk kulit. Vitamin D dari susu bisa membantu meningkatkan fungsi otak secara keseluruhan termasuk memori.

Lemak Ikan

Menu sehat untuk makan siangmu.

Ikan memang makanan yang baik dan menyehatkan, tapi jangan sembarang memilih ikan. DHA adalah kandungan dalam makanan yang terbaik untuk meningkatkan memori.

DHA merupakan asam lemak omega-3 yang terdapat dalam beberapa ikan seperti salmon, makarel, herring, tuna dan ikan asin. Otak memilih lemak ini dibanding lemak lain karena bisa digunakan untuk membangun sel-sel yang dapat membuat kita lebih efektif berkomunikasi.

Kunyit

Kunyit. | via: healthyfoodhouse.com

Kurkuma yang terkandung dalam kunyit adalah bahan dalam makanan yang dapat menyingkirkan plak beta-amyloud yang biasa dikaitkan dengan penyakit kognitif.

Bahan ini terserap sempurna saat dimasak dengan cabe atau lemak lain seperti dari ayam. Kunci utamanya adalah bahan yang dimasak bersama kunyit. Kita tidak bisa begitu saja mencampur kunyit dengan burger atau spangetti misalnya.

Telur

Telur | Via: istimewa

Telur juga mengandung banyak folate dan B12 yang bisa bekerjasama untuk merawat kesehatan sel saraf. Tapi sebaiknya hati-hati saat mengolah telur. Merebus atau memasaknya dengan olive oil adalah cara terbaik untuk mendapat manfaatnya.

Buah Berry

Buah yang masuk dalam keluarga berry, seperti blueberry, stroberi, dan ceri banyak mengandung anthocyanin. Anthocyanin adalah senyawa yang membantu melambatkan proses penuaan, melindungi tubuh dari penyakit jantung dan kanker. (Istimewa)

Semua buah berakhiran berry seperti blueberry, strawberry dan raspberry punya level tertinggi pada skala ORAC, skala yang menilai level anti-oksidan pada makanan. Anti-oksidan seperti vitamin C dan E bekerja untuk melundungi sel otak dan tubuh dari radikal bebas yang kita dapat dari udara yang kita hirup atau bahkan proses internal pada tubuh.

Kopi

Dengan cara sederhana ini, kopi instanmu akan seenak minuman di kedai! (Via: ebcweatherford.com)

Selain susu, kopi juga termasuk minuman yang bermanfaat. Kopi bekerja secara langsung dan terasa manfaatnya. Lebih banyak energi, lebih tinggi tingkat atensi lebih bagus memori. Menurut Dr. Majid Fotuhi, PhD, Chief Medical Officer of Neurocore Bari Performance Center, meminum secangkir kopi atau teh dapat meningkatkan memori otak, bahkan meski hanya untuk sementara.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading