Sukses

Lifestyle

Bhumibol Adulyadej, Raja Thailand Meninggal Dunia

Fimela.com, Jakarta Pemimpin terlama negara monarki di dunia, Raja Bhumibol Adulyadej meninggal dunia. Dilaporkan oleh Daily Mail, Bhumibol meninggal di usia yang cukup senja, yakni 88 tahun. Pihak istana Thailand mengumumkan jika sang raja meninggal dunia dengan damai di rumah sakit pada Kamis (13/10).

"Yang Mulia telah meninggal di Rumah Sakit Siriraj dengan damai," jelas sebuah pengumuman dilansir dari Daily Mail. Sebelumnya, Raja Bhumibol Adulyadej memang telah lama dikabarkan sakit sehingga ia jarang tampil di depan umum. "Meskipun dokter telah memantau dan merawat dan memberi kemampuan yang terbaik, kondisi raja tidak pernah membaik, dan memburuk sampai Kamis," imbuh pengumuman tersebut.

Raja Thailand Bhumibol Adulyadej (Via: Reuters)

Lebih lanjut soal alasan kematian, istana tidak memberikan alasan yang lebih gamblang. Faktanya, Raja Bhumibol Adulyadej ialah raja yang paling lama berkuasa di dunia, yakni berkuasa dalam kurun waktu 70 tahun. Dikutip dari BBC, ia merayakan hari jadi kepemimpinannya itu pada Kamis, 7 Juni 2016 lalu. Saat itu, ia sudah dalam kondisi fisik yang memburuk.

Warga berkumpul di Rumah Sakit Siriraj sambil membawa gambar Raja Thailand Bhumibol Adulyadej di Bangkok, Thailand, Kamis (13/10). Bhumibol meninggal dunia pada usia 88 tahun, setelah sakit dalam beberapa tahun terakhir. (Via: REUTERS / Chaiwat Subprasom)

Laporan Daily Mail mengatakan, Perdana Menteri Prayuth Chan-ocha mengumumkan bahwa seorang raja telah dipilih dan diharapkan menjadi pewaris Bhumibol pada hari ini. Raja baru itu ialah Pangeran Mahkota Maha Vajiralongkorn yang berusia 63 tahun.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading