Sukses

Lifestyle

Asal-Muasal Tongseng, Kuliner Khas Jawa Tengah

Fimela.com, Jakarta Di musim penghujan seperti sekarang ini, makanan berkuah seperti tongseng cocok buat menuntaskan rasa lapar kita.  Potongan-potongan daging kambing yang tebal dan empuk dengan disiram kuah bersantan serta aroma bumbu rempah yang kuat menjadi ciri utama makanan kebanggaan masyarakat Jawa Tengah ini.

Kalau kita melancong ke Boyolali, Jawa Tengah, kita akan menjumpai banyak warung tongseng di sepanjang jalan. Daerah yang dipercaya menjadi tempat muasal tongseng ini bahkan memiliki patung sate tongseng di Kecamatan Klego sebagai bentuk kebanggaan masyarakatnya terhadap kuliner sedap satu ini.

 

#thoriq_thoriq 😁 #monumensatetongseng #wadukbade

Foto kiriman Naasher Al Mahmoedy (@naasher_almahmoedy) pada

Kenikmatan tongseng ternyata memiliki cerita masa lalu yang menarik. Seperti dilansir dari Good News from Indonesia, awal mula masakan tongseng di Indonesia dimulai pada abad ke-18 sampai 19 Masehi saat bangsa Arab dan India berdatangan ke Indonesia untuk berdagang. Mereka ikut memperkenalkan ragam hidangan kambing dan domba yang memang menjadi makanan favorit mereka.

Pertama-tama, daging kambing dan domba diolah menjadi sate. Dari sini terdapat perbedaan ciri sate Indonedia dan negara Timur Tengah. Sate Indonesia seperti yang sekarang ini dikenal, memiliki tambahan bumbu. Sedangkan sate di Arab tergolong sate kering.

 

Yuk @berbagiresep masakan lezat Tongseng Kambing Oleh @winny.mp Bahan: 350 gr daging kambing 750 ml air untuk merebus 500 ml santan cair 5 lbr daun jeruk 2 batang serai geprek (ambil bag putihnya) 1 ruas lengkuas geprek 6 siung bw merah iris tipis 3 siung bw putih iris tipis 1 batang kayu manis 3 buah cengkeh 2 sdt merica/lada bubuk (saya pake ladaku) 6 sdm kecap manis (sesuai selera) kol iris kasar 2 buah tomat hijau belah belah secukupnya garam/gula . . Bumbu Halus: 10 butir bawang merah 5 siung bawang putih 3 cm kunyit 1 ruas jahe 3 butir kemiri sangrai 1 sdt ketumbar bulat 1/2 sdt jinten 1/2 butir biji pala . . Cara Membuat: Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum, masukkan daun jeruk, lengkuas dan serai. Tumis hingga matang. Masukkan daging kambing ke dalam tumisan bumbu halus. Masak hingga daging dan bumbu terserap merata. Tuang santan encer sambil terus diaduk agar santan tidak pecah. masukan kayu manis n cengkeh. lalu masukkan bawang merah n putih yg telah di iris, kecap manis, garam, lada Masukkan kol,tomat,cabe rawit merah, masak sebentar hingga agak layu. Koreksi rasa, sajikan. #tongseng #tongsengkambing #berbagiresep_kambing

Foto kiriman berbagi resep (@berbagiresep) pada

Hanya saja, dalam pembuatan sate membutuhkan beberapa bagian tertentu saja, seperti daging dan hati. Sedangkan bagian lainnya yang tidak disate seperti jeroan dan tulang diolah dengan tambahan bumbu rempah dan santan. Hidangan ini yang kemudian kita kenal dengan nama gulai. 

 

Tongseng Ayam Daging ayam (dada/paha) ½ kg, potong-potongSantan kental 250 ml Air bersih 400 ml Tomat merah sedang 3 pcs, iris-iris Bunga kol½ buah, iris-iris Bawang daun 1 pcs, iris-iris Batang serai 1 pcs, memarkan Bawang merah 5 pcs Kemiri 2 pcs Cabe keriting 5 gram Ketumbar bubuk ½ sdt Garam halus 2 sdt Bawang putih 2 pcs Gula pasir putih 1 sdt Merica halus 1 sdm Minyak sayur secukupnya Cara Membuat Haluskan bumbu seperti cabe, merica, ketumbar, bawang merah dan bawang putih kemudian masak dengan cara ditumis sampai mengeluarkan aroma harum. Selanjutnya tambahkan tumisan dengan santan kental dan air secukupnya atau sekitar 400 ml. Aduk-aduk lalu tuangkan garam halus, gula pasir dan kecap secukupnya, aduk kembali sampai merata dan rasanya pas, masak hingga meletup-letup. Kemudian tambahkan kembali masakan dengan ayam fillet berupa potongan paha/dada ayam beserta serai, tunggu sampai menjadi matang. Setelah itu, masukkan bungakol yang sudah diiris bersama dengan bawang daun dan tomat merah yang juga sudah diiris, aduk merata dan biarkan kuah masakan berkurang. Angkat setelah matang dan sajikan. #resepmasakan #resepindonesia #tongseng #indonesianfood

Foto kiriman resep masak,kuliner indonesia (@resepindonesia) pada

Seiring dengan perkembangannya, masyarakat pun berinovasi membuat hidangan daging kambing yang lain. Mereka menumis aneka bumbu, daging kambing, dan kuah gule menjadi satu serta ditambah dengan kecap manis. Perpaduan sate dan gule ini kemudian disebut dengan tongseng karena caranya dimasak dengan dioseng.

 

Makan besarr !! @pak Tolip, tempat kaki 5 rasa bintang 5 #tongseng #sate #sateayam #kuliner #kulinerjkt #enak #mantabs

Foto kiriman Henrico Chiesa Purba (@henricochiesa) pada

Masakan tongseng ini mulai populer sejak Mbah Jumiran yang merupakan warga asli Klego berjualan sate dan tongseng pada tahun 60-an. Ia pula yang menjadi perintis rumah makan tongseng di Jakarta. Seiring waktu, bukan hanya daging kambing atau domba saja yang dibuat tongseng, tapi juga daging ayam dan sapi.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading