Sukses

Lifestyle

Selain Pisang Goreng, Kalimantan Punya Banyak Kuliner Khas

Fimela.com, Jakarta Saat berwisata atau traveling ke suatu daerah, tentunya kuliner khas di daerah tersebut tak akan kita lewatkan. Begitu juga kalau kita ke Kalimantan. Pasti kurang sah kalau belum mencicipi makanan khas Kalimantan.

Mungkin kuliner dari Kalimatan belum sepopuler kuliner dari daerah Jawa atau Sumatera, tapi soal rasa boleh diadu dan tak kalah enak. Selama ini sepertinya pisang goreng khas Kalimantan yang paling banyak dikenal, padahal Kalimantan juga seperti daerah lainnya di Indonesia yang punya kekayaan ragam kuliner.

Seperti dilansir dari blog.sukawu.com, makanan khas Kalimantan ini secara umum punya citarasa yang asin manis. Walaupun Kalimantan juga memiliki makanan seperti wilayah lainnya, misalnya soto dan sate, akan tetapi sajian dua jenis makanan itu tetaplah khas Kalimantan sehingga memiliki rasa yang unik dan beda.

Di kota-kota besar Kalimantan bagi yang suka berwisata kuliner akan mudah menjumpai makanan khas Kalimantan. Dari sekian banyak kuliner Kalimantan, berikut ini beberapa diantaranya.

Bakmi Kepiting Pontianak

Sesuai dengan namanya, mi khas Pontianak berbahan utama mi dan daging kepiting yang mendominasi rasa. Rasa mi kepiting ini gurih dan tidak terlalu pedas Mi Pontianak berbahan dasar mi yang menggunakan tepung terigu yang kenyal dan empuk, sedangkan daging kepitingnya direbus sehingga kuahnya terasa nikmat.

Penyajian mi khas Pontianak ini menggunakan topping kepiting serta udang yang disiram kuah bening dengan potongan daun bawang yang semakin menambah aroma harum dan nikmat untuk disantap.

Soto Banjar

 

...mendarat di Banjarmasin, langsung menyantap soto banjar....seedddaaaps 😋😋😋 #kuliner #sotobanjar

Foto kiriman Vera Anggraini (@verakebaya) pada

Bagi yang suka dengan makanan berkuah, terutama kalau ke Kalimantan Selatan, sempatkan untuk makan soto banjar. Masyarakat setempat menyebutnya sop ayam. Kalau ingin memesan soto banjar dan nasi, maka kita menyebutnya nasi sop artinya yang kita pesan adalah soto banjar dan nasi.

Tapi kalau kita hanya menyebut sop ayam, maka yang disajikan adalah soto banjar dan ketupat. Soto banjar merupakan makanan khas suku Banjar Kalimantan Selatan. Kuahnya berupa rempah-rempah yang beraroma harum seperti kayu manis, pala, dan cengkeh.

Soto banjar disajikan bersama ayam yang disuwir-suwir ditambah dengan perkedel atau kentang rebus atau rebusan telur. Soto banjar biasa disajikan bersama nasi ataupun ketupat.

Sate Banjar

 

#dinner #sotobanjar #satebanjar 😍

Foto kiriman Anastasia Susanto (@veronicaanastasia) pada

Sate banjar merupakan sate khas Banjarmasin. Sate memang bisa kita temui di banyak daerah di Indonesia, namun sate banjar memiliki rasa yang berbeda. Bahan dasar sate yaitu ayam dan bumbu satenya bukan menggunakan saus kacang tetapi bumbu habang atau bumbu merah.

Bumbu merah ini berasal dari lombok merah besar khas Kalimantan. Rasa sate banjar gurih manis dan tidak pedas. Daging ayam yang dibakar sampai empuk ini membuat sate Banjar sangat nikmat dan pas disantap dengan nasi atau lontong.


Es Nangka Selasih

Es Nangka Selasih. foto: sayangi.com

Selain makanan, kuliner es ini pas untuk menu penutup. Es nangka selasih bisa kita temukan di daerah Banjarmasin. Sesuai dengan namanya, minuman ini menggunakan bahan utama buah nangka dan selasih. Es nangka selasih ini menggunakan perasan jeruk lemon sehingga rasanya lebih segar manis dan menggugah selera. Es khas Banjarmasin ini sangat cocok untuk diminum saat siang hari, sangat segar dan nikmat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading