Sukses

Lifestyle

Kebiul, Tanaman Ajaib yang Sanggup Hambat Sel Kanker

Fimela.com, Jakarta Kanker merupakan salah satu penyakit yang paling berbahaya dan mematikan. Pengobatannya tak hanya mahal, tapi juga kadang sulit dan kadang tak selalu berhasil pada kasus-kasus tertentu. Sudah banyak upaya para dokter dan juga ahli medis untuk mencegah orang-orang yang sehat untuk memiliki penyakit ini. 

Namun, tetap saja angka pengidap kanker, apa pun jenis dan stadiumnya, terus meningkat di seluruh dunia. Namun ternyata, di Indonesia ada salah satu tanaman yang sanggup menghambat pertumbuhan sel kanker. 

Dilansir dari CNN, Kebiul ini merupakan tanaman endemik yang hanya tumbuh di Bengkulu Selatan. Nama ilmiahnya Caesalpinia bonduc L. Biji buah Kebiul dipercaya masyarakat dapat mengobati malaria, kencing manus, asam urat, batu ginjal, dan juga kanker. 

Nur Bella Turcica Anibah dan Zahira Amaalia | via: CNN.com

Untuk membuktikan kepercayaan masyarakat setempat, dua siswi SMAN 2 Bekulu Selatan, Nur Bella Turcica Anibah dan Zahira Amaalia. Mereka tentu saja melakukan penelitian di laboratorium untuk mencari tahu apa saja kandungan yang terdapat pada tanaman ini. 

Dari tes dan uji lab itu, disimpulkan ekstrak Kebiul memiliki daya hambat pertumbuhan sel kanker payudara. Namun, penelitian ini baru pertama kali dilakukan. Sehingga, mereka masih harus melakukan penelitian lanjutan yang lebih dalam. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading