Sukses

Lifestyle

4 Hal Ini Picu Kanker Payudara, Mitos atau Fakta?

Fimela.com, Jakarta Kanker payudara, salah satu kanker yang paling banyak diidap kaum hawa, seakan tak akan habis dan bosan untuk dibahas. Bukan hanya membahas stadium, pencegahan, dan juga cara pemeriksaan payudara. Tapi juga soal apa saja yang memicu timbulnya sel-sel kanker di payudara. 

Ada banyak kabar yang beredar dari telinga ke telinga mengenai ha ini. Mulai dari karena keturunan hingga deodoran yang bisa menyebabkan kanker. Tanpa ada penjelasan ilmiah atau sumber dari para pakar, sebagian perempuan langsung saja percaya. Padahal, ada beberapa kabar yang ternyata hanya mitos belaka. 

Pertama, menggunakan bra bisa sebabkan kanker payudara? Ternyata Helath.com menulis, ini hanya sebuah mitos. Sebuah penelitian menunjukkan, tak ada hubungan antara kanker payudara dengan pemakaian bra. Kari B. Wisinski, MD, seorang medical oncologist bersama University of Wisconsin Carbone Center di Madison mengatakan, penelitian tersebut sangat ilmiah. 

Wanita memiliki hormon estrogen dan progesteron yang tinggi sehingga100x lebih rentan terkena kanker payudara dibandingkan pria.

Kedua, soal deodoran yang juga bisa picu kanker. Ternyata, media tersebut juga menulis, hal ini hanya mitos. Hanya deodoran yang mengandung parabens, sebagai bahan antiperspirants yang akan menimbulkan kanker. Di Amerika Serikat, parabens tak lagi digunakan pada deodoran. Nah, kamu yang hendak membeli deodoran, silahkan periksa apakah ada bahan parabens di dalamnya. 

Ketiga, buat kamu yang sudah berkeluarga, mungkin pernah dengar kabar, para ibu yang baru melahirkan harus mengeluarkan ASI dari payudaranya. Karena kalau tidak, susu yang mengendap bisa menjadi kanker. Berkaitan dengan hal ini, ada banyak penelitian yang menunjukkan, menyusui bisa mengurangi risiko terkena kanker payudara. Tapi, tidak ada bukti kalau tidak menyusui anak akan meningkatkan risiko terkena kanker tersebut. 

Ilustrasi Kanker Payudara (iStock)

Keempat, payudara yang ukurannya besar dan lebar juga berisiko kanker payudara? Ya ampun! Apa pun ukuran payudaramu, itu adalah berkah. Meskipun benar kalau payudara yang ukurannya besar akan lebih sulit untuk mendeteksi kankernya. Tapi perlu diingat, obesitas akan meningkatkan risiko kanker. Bukan hanya kanker payudara tapi kanker lainnya juga. 

;
Loading