Sukses

Lifestyle

5 Fakta tentang Tulang yang Mungkin Belum Pernah Kamu Dengar

Fimela.com, Jakarta Tak seperti jantung, paru-paru dan kanker, tulang kadang luput dari perhatianmu. Padahal, kesehatan tulang pun penting bagi tubuh. Mungkin, banyak orang yang menyangka kesehatan tulang hanya akan menurun ketika sudah berusia 50 tahun ke atas. 

Sayangnya, kesehatan tulang juga harus dipupuk sejak muda. Apa lagi, mengingat tulang akan menjadi lebih rapuh ketika sudah berusia lanjut. jadi, kalau sejak dini sudah tak terawat, di masa tua akan semakin buruk keadaan tulangmu. Untuk memulainya, sebaiknya kamu simak dahulu tentang beberapa fakta seputar kesehatan tulang. 

1. Berbicara soal osteoporosis, tulang memang akan kehilangan kepadatannya pada saat kamu menua. Karena itu, Helath.com menulis, kalau bisa jangan sampai ada cedera pada tulang di usia 40-an tahun ke atas. Pasalnya, pemulihan akan memakan waktu yang lebih lama. 

2. Tak seperti jantung yang berdegup. Tak juga seperti paru-paru yang kembang-kempis. Namun, tulang juga 'hidup.' Sekelompok sel yang disebut osteoblast, terus-menerus membangun tulang baru. Sementara sekelompok sel satunya lagi menghancurkan tulang lama, layaknya Pac-Man. Ini dia alasannya kenapa tulang bisa tumbuh dan bisa menyatu kembali usai patah. 

Tulang rusuk Graham didesain sedemikian rupa menyerupai cara kerja airbag. (Via: boredpanda.com)

3. Kesehatan tulang ternyata juga berkaitan dengan menstruasi pada para kaum hawa. Ketika para kaum hawa menopaus atau stop menstruasi, tulang akan menjadi keropos. Ini alasannya kenapa anoreksia juga akan berdampak pada tulang. Pertama, gizi dan segala perubahan hormon dalam tubuhnya akan memberhentikan proses menstruasi. Saat inilah, tulangnya juga akan ikut keropos. 

4. Bukan cuma kurang makan makanan yang kaya akan kalsium, tapi bir dan minuman beralkohol lainnya juga akan mengganggu kesehatan tulang

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading