Sukses

Lifestyle

Wow, Burung Ini Sanggup Terbang 10 Bulan Tanpa Mendarat

Fimela.com, Jakarta Bentuk tubuhnya kecil. Tapi kalau soal terbang, burung ini jagonya. Burung ini bisa terbang selama 10 bulan tanpa mendarat sekalipun. Burung ini adalah burung Common Swift atau kapanis Apus apus. Kemampuan terbang common swift dibuktikan oleh peneliti dari Lund University Swedia. Hasil penelitian itu kemudian dipublikasikan di jurnal Current Biology pada Kamis (27/10/2016).

Dengan demikian, rekor kapinis lainnya yang berjenis Alpine swifts yang bisa terbang 6 bulan tanpa henti, terkalahkan dengan common swift.

Para peneliti menempelkan alat pemantau gerak berupa sensor kecil di punggung common swift. Gerakan mereka dipantau selama dua tahun.

Hasilnya, dalam 12 bulan, kapinis mampu terbang hingga 10 bulan tanpa henti dan hanya berada di daratan selama 2 bulan untuk istirahat dan menikmati musim kawin, kemudian kembali ke udara lagi.

 Wow, Burung Ini Sanggup Terbang 10 Bulan Tanpa Mendarat | foto :sciencealert.com

"Penemuan ini mendobrak batasan pengetahuan kita tentang fisiologi hewan," kata Andres Hedenstrom, salah satu peneliti. "10 bulan adalah waktu terbang terlama pada burung, ini rekor," jelasnya seperti dikutip Science Alert.

Jika bisa terbang selama 10 bulan, bagaimana mereka tidur? "Setiap hari, saat fajar dan senja, common swift naik ke ketinggian 2-3 kilometer. Mungkin mereka tidur saat turun dari ketinggian, tapi kita tak yakin," katanya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading