Sukses

Lifestyle

Tips Menggunakan Media Sosial dengan Baik dan Bijak

Bintang.com, Jakarta Ajang Indonesian Social Media Awards (ISMA) 2K16 akan digelar hari ini, 1 November 2016. Acara yang akan disiarkan langsung malam ini di SCTV tersebut merupakan ajang pertama yang mengumpulkan para selebriti yang terkenal di layar kaca dan juga mereka yang menggunakan sosial media atau media sosial untuk memamerkan hasil karya.

ISMA 2K16 merupakan sebuah ajang yang mengapresiasi para insan yang aktif dan poper di sosial media. Pihak penyelenggara sendiri juga menambahkan syarat bahwa para penerima penghargaan tersebut memang tidak negatif dalam arti tidak menebarkan kebencian, SARA, pornografi, maupun aktivitas negatif lainnya di sosial media.

Ajang penganugrahan insan krearif lewat sosial media, Indonesian Social Media Awards 2016 (ISMA 2K16) akan digelar SCTV pada 1 November 2016. Ajang itu, kembali mempertemukan Prilly Latuconsina dengan Aliando Syarief. (Bambang E. Ros/Bintang.com)

Saat ini media sosial sangat mempengaruhi perilaku dan keseharian kita. Mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi, kebanyakan dari kita selalu update media sosialnya, mulai dari twitter, instagram, line, bbm, whatssapp, dan masih banyak lagi.

Bahkan, tidak jarang yang kecanduan atau berlebihan menggunakan media sosial yang mengakibatkan tugas-tugas utamanya justru terabaikan, seperti belajar atau bekerja. Sebagai seorang individu, tentunya harus bijak dalam menggunakan media sosial. Sepert dilansir dari laman Xplor, berikut beberapa hal yang dapat dijadikan acuan untuk bijak menggunakan media sosial

1. Hati-hati ketika men-share informasi pribadi seperti nama lengkap, alamat, no HP, atau informasi pribadi lainnya ke publik atau pihak tertentu. Pastikan penerima informasi yang dituju adalah pihak-pihak yang bertanggungjawab.

2. Selalu gunakan etika/norma saat berinteraksi dengan siapapun di media sosial, meskipun tidak saling mengenal. Itu karena apapun yang akan di-posting di media sosial dapat dilihat oleh publik.

Mencari kebenaran memang sulit, tapi jika kebenaran sudah ketemu apa untungnya buat kamu, ya, kamu yang katanya fans berat ATT, RA, NS? (Foto: cdn.business2community.com)

3. Pastikan siapa saja semua pengikut/teman akun media sosial kamu, hati-hati terhadap akun-akun yang tidak dikenal karena tidak ada jaminan akun tersebut adalah akun yang dapat dipertanggungjawabkan.

4. Pastikan apapun yang di posting di akun media sosial adalah posting-an yang tidak mengandung unsur SARA.

5. Pastikan juga untuk mencantumkan sumber konten posting-an kalau kamu memposting suatu hal atau hasil karya orang lain misalnya quotes atau sejenisnya.

6. Jangan memproduksi atau me-repost apapun yang belum jelas sumbernya.

Ilustrasi pekerjaan di media sosial. (monster.com)

7. Manfaatkan sebesar mungkin media sosial untuk menunjang proses pengembangan diri mulai dari ilmu pengetahuan, berbagi materi kuliah, koordinasi dalam organisasi, bisnis, dan lain-lain.

8. Gunakan sebesar-besarnya media sosial untuk menunjang produktivitas seperti mengerjakan tugas, skripsi, pekerjaan, hasil karya dan lain sebagainya.

9. Manfaatkan media sosial untuk membangun jaringan yang nantinya dapat digunakan untuk berbagai macam hal, misalnya saat mencari pekerjaan, menjalin rekan bisnis, mencari informasi penting dan lain sebagainya.

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Pop Shop BT21 di Jakarta Terbesar Se-Asia Tenggara, Yuk Intip
Artikel Selanjutnya
Pilihan Hotel Kapsul yang Nyaman dengan Harga Terjangkau di Jakarta