Sukses

Lifestyle

Orang Indonesia Ganti Ponsel Dua Tahun Sekali

Fimela.com, Jakarta Di zaman sekarang, ponsel atau telepon selular merupakan benda penting dengan tingkat urgensi tinggi. Sebagian besar orang di dunia termasuk di Indonesia, sudah memiliki ponsel. Di mana banyak benda-benda yang bisa diwakili keberadaannya dengan ponsel yang kerap disebut smartphone.

Selain itu, fitur komunikasinya pun semakin canggih berkat jaringan internet yang makin mudah dijangkau. Saat ini bukan hanya satu, tiap orang cukup banyak yang memiliki dua ponsel atau bahkan lebih. Lalu, berapa lama rata-rata orang Indonesia mengganti ponselnya? Belum ada penelitian resmi mengenai hal tersebut. Tapi setidaknya ada jawaban yang cukup bisa dipercaya yaitu dari Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara.

Pengunjung melihat smartphone di Galeri Indosat Ooredoo, Jakarta, Kamis (14/7). Kementerian Perindustrian (Kemenperin) tengah menyiapkan aturan baru untuk mendorong pembangunan industri ponsel 4G di dalam negeri. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Ia memperkirakan orang Indonesia rata-rata mengganti ponselnya setiap dua tahun sekali. “Dua tahun tiga bulan orang ganti ponsel,” ucap Rudiantara, seperti dilansir dari antaranews.com. Dalam setahun, Indonesia mengimpor sekitar 50 juta ponsel dan pertumbuhannya per tahun cukup besar.

Menurut Rudiantara, pelanggan ponsel di Indonesia mencapai sekitar 160 juta orang. Dengan angka itu, pemerintah menerapkan kebijakan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) yang per Januari 2017 menjadi 30 persen agar Indonesia bukan sekedar menjadi pasar. Selain perangkat keras, pemerintah juga mendorong penggunaan konten lokal untuk perangkat lunak.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara di Press Conference Motorola terkait Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN), Kamis (20/10/2016). (Liputan6.com/Andina Librianty)

Selain itu, dalam kesempatan yang sama, Rudiantara menyampaikan pemerintah juga berupaya mempercepat migrasi dari jaringan 2G ke 4G. Kalau menurut Menkominfo orang Indonesia rata-rata mengganti ponsel sekali dalam dua tahun, bagaimana dengan Anda?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading