Sukses

Lifestyle

4 Fakta tentang Hidung yang Perlu Kamu Ketahui

Fimela.com, Jakarta Tak hanya mata dan juga mulut, hidung juga memiliki peranan penting dalam kehidupan manusia. Ya, hidung membantumu untuk bernapas, saling bekerja sama dengan paru-paru dan diafragma. Hidung, bersama mata dan mulut merupakan bagian wajah menentukan penampilan. 

Dari bentuk hidung, kamu bisa tahu suku dan ras. Tapi, bukan itu saja keunikan hidung yang ada pada wajahmu. Berikut ini beberapa fakta unik dan menarik tentang hidung yang mungkin belum kamu ketahui. 

1. Hidung dan mulut menjadi jalur masuk udara. Pada saat kamu bernapas sehari-hari, hidung menjadi jalur utama keluar dan masuknya udara. Ketika kamu sedang berolahraga mungkin kamu berpikir kamu bernapas lewat mulut. Tapi dilansir dari health.clevelandclinic.com, ternyata udara juga keluar-masuk dari hidung. 

Alami Kekeringan Kulit di Sekitar Hidung? Ini Solusinya. Source: Mugeek Vidalondon

2. Apa sebenarnya guna hidung selain menjadi saluran untuk bernapas? Ya, hidung ternyata punya peran lain, yaitu melembabkan udara. Sehingga, udara yang kamu hirup sudah siap diterima paru-paru. Karena, paru-paru tak bisa menerima udara yang kering. 

Salah satu jenis alergi yang sering terjadi di rumah adalah alergi dengan kondisi rumah yang berdebu, kotor, atau lembap.

3. Udara yang kamu hirup kotor. Ada banyak debu, bakteri, virus, binatang kecil dan lainnya. Untung ada bulu-bulu hidung yang menyaring semua kotoran yang terdapat pada udara, sebelum masuk ke dalam paru-paru. Karena itulah kamu tak boleh mencabuti bulu hidung. 

Jalan TB Simatupang sedang dalam proses perbaikan, Jakarta, Kamis (20/10). Kerikil dan debu membuat jalan tersebut menjadi lebih licin dan jarak pandang menjadi terbatas. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

4. Adakah fungsi lain dari hidung? Ya. Dan kali ini berhubungan dengan suaramu. Dilansir dari media yang sama, suaramu diproduksi di dalam laring. Tapi pada saat itu, hanya getaran saja. Nah, adanya suara itu karena ada proses di bawah laring. Proses ini juga mengikutsertakan hidung dan tenggorokan. Karena itulah suaramu berubah ketika kamu sedang pilek atau batuk. 

(foto: boldsky.com)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading