Sukses

Lifestyle

Ditemukan Spesies Baru Dinosaurus Terjebak dalam Lumpur

Fimela.com, Jakarta Satu spesies baru dinosaurus berukuran sebesar domba berhasil diidentifikasi dari sebuah fosil utuh di Cina. Ketika ditemukan, fosil berusia sekitar 72 tahun itu dalam kondisi nyaris utuh. Dalam posisi paruh terangkat dan sayap terbentang di dalam lumpur.

Spesies dinosaurus ini kemudian diberi nama Tongtianlong limosus, atau 'naga berlumpur dalam perjalanan ke surga'. Temuan tentang fosil ini diterbitkan di jurnal Nature Scientific Reports.

Sebagaimana diwartakan BBC, fosil ini ditemukan di pegunungan di Provinsi Jiangxi, Cina selatan. "Fosil ini ditemukan di lokasi pembangunan oleh para pekerja ketika mereka menggunakan dinamit, jadi mereka hampir saja meledakkannya dari kawasan perbukitan," kata ahli palaentologi dari Universitas Edinburgh, Dr Stephen Brusatte.

Ditemukan Spesies Baru Dinosaurus Terjebak dalam Lumpur | BBC

Sebagian kecil dari fosil sebenarnya meledak, namun dengan mempertimbangkan kondisi penemuannya maka temuan fosil ini dianggap utuh.

"Ukurannya sekitar seekor domba, dan merupakan bagian dari dinosaurus seperti burung bersayap yang disebut oviraptorosaurus. Intinya mereka merupakan kelompok dinosaurus terakhir yang berkembang sebelum dihantam asteroid." Dr Brusatte.

Para peneliti dari Cina dan Inggris mengatakan fosil ini spesial karena bisa memberi pengetahuan tentang transisi evolusioner dari dinosaurus ke burung.

"Burung modern berasal dari dinosaurus," kata Dr Brusatte, "dan dinosaurus seperti Tongtianlong yang memberi kita gambaran tentang seperti apa wujud nenek moyang burung modern.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading