Sukses

Lifestyle

5 Oleh-Oleh yang Wajib Dibeli Kalau Pergi ke Papua

Fimela.com, Jakarta Papua termasuk provinsi terluas di Indonesia yang punya keanekaragaman suku dan kuliner khasnya . Di wilayah pesisir dan dataran rendah misalnya, sagu menjadi bahan pokok dalam berbagai makanan sehari-hari mereka, Lalu ada juga papeda, makanan khas Papua yang tampilannya seperti bubur.

Belum lagi keindahan kawasan wisata Raja Ampat yang sudah mendunia. Namun tak semua orang berkesempatan mengunjungi daerah di ujung timur Indonesia itu. Kalau kamu punya kesempatan pergi ke Papua, baik untuk urusan pekerajaan maupun liburan, jangan lupa membeli oleh-oleh khas daerah tersebut.

Selain mempunyai beragam kuliner dan tempat wisaya yang menarik, ada sejumlah oleh-oleh yang rasanya wajib kamu beli untuk dibawa pulang. Seperti dilansir dari loop, setidaknya ada lima oleh-oleh khas Papua yang harus kamu beli.

Keripik Keladi

Ini tak ada hubungannya sama istilah ‘Tua-Tua Keladi, Makin Tua Makin Menjadi’.
Keladi yang satu ini merupakan tanaman yang masih satu keluarga dengan talas. Di Papua, keladi termasuk tanaman yang mudah dijumpai. Karena itu, banyak usaha rumahan yang membuat olahan berupa keripik keladi. Rasanya nggak kalah enak sama keripik singkong yang biasa kamu makan.

Abon Gulung

Abon gulung adalag abon yang bentuknya dibuat seperti roti gulung. Ada beberapa varian abon yang bisa kamu pilih, mulai dari abon daging sapi, ayam, atau ikan tuna. Kalau mau mencoba yang lebih beda dan unik, ada juga abon gulung rasa keju atau coklat. Semua abonnya super tebal dan dijamin bikin kenyang.

Batik Papua

 

#ethnicpapua #batikpapua #khaspapua #pesonapapua #liatliatdoang😂😂😂

Foto kiriman adika gumilar (@adikagumilar) pada

Seperti daerah lainnya di Indonesia, di Papua juga ada batik. Motif kain batik Papua tentu sangat khas, mulai dari ukiran suku Asmat, alat musik tifa, dan juga burung Cendrawasih. Batik Papua juga identik dengan warna-warna cerah.

Sarang Semut

Sarang Semut termasuk minuman tradisional khas Papua yang berkhasiat untuk kesehatan. Tak usah khawatir bakal digigit semut soalnya sarang semut yang satu ini dibuat dari umbi-umbian yang dijadikan sarang oleh para semut. Konon kabarnya, sarang semut bisa mengobati berbagai macam penyakit.

Mutiara

 

Mutiara hitam Sorong Raja Ampat Papua. @900rb #mutiara #mutiarapapua #rajaampat

Foto kiriman Al's Covers (@dear4lf1) pada

Salah satu oleh-oleh yang juga termasuk ikon kota Papua adalah mutiara. Budidaya mutiara di timur Indonesia memang berkembang pesat dan bahkan sudah menembus pasar Internasional.

Kalau mau beli mutiara untuk dijadikan oleh-oleh kayaknya kamu harus membawa cukup banyak uang, soalnya harganya memang cukup menguras kantong. Tapi untuk membeli benda yang indah dan mempesona seperti mutiara wajar sih harus mengeluarkan banyak biaya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading