Sukses

Lifestyle

4 Alasan Paling Umum Kenapa Kamu BAB 2 Kali Sehari

Fimela.com, Jakarta Semua orang buang air besar. Buang air besar atau kerap disebut dengan BAB, normalnya setiap hari. Dilansir dari Women's Health Magazine, sebagian besar orang buang air besar 1 jam usai bangun tidur di pagi hari. Atau bisa juga pada siang hari. Tapi, apa jadinya kalau kamu BAB dua kali dalam sehari?

Tenang, ini bukan berarti ada yang salah pada sistem pencernaanmu. Menurut seorang gastronologis dari Massachusetts, Kyle Staller, M.D, kamu tak perlu takut jika BAB bertambah satu kali dalam sehari. Ini bukan berarti kamu diare juga. Justru, mungkin ada hal baik yang terjadi pada sistem di tubuhmu. 

1. Mungkin saja karena kamu makan lebih sehat dalam waktu satu bulan belakangan ini. Makanan sehat yang penuh dengan serat membuatmu lebih lancar BAB. Selain itu, serat yang ada di dalam tubuhmu bekerja lebih baik dengan membersihkan racun dan kotoran yang masih ada dalam tubuhmu. 

Pilih roti yang 100 persen terbuat dari gandum. Sebab, roti gandum yang dicampur dengan tepung halus dapat meningkatkan kadar gula darah. (Istimewa)

2. Coba ingat-ingat lagi, apa yang kamu lakukan di gym hari ini, atau kemarin, atau satu minggu yang lalu? Mungkin kamu menambah beban atau berolahraga lebih giat, berat, atau sering dibandingkan sebelumnya. Hal ini bisa membuatmu pup dua kali dalam sehari. Karena, olahraga ini meningkatkan kontraksi otot dalam usus besarmu. 

Mengenal lebih jauh kepribadian orang yang selalu selfie saat ngegym. Sumber: Metro.co.uk.

3. Atau bisa juga karena kamu banyak pekerjaan dan akhirnya stres. Untuk beberapa orang, stres bisa mendorong mereka untuk BAB. 

Tidak perlu berusia tua, seseorang bisa memiliki kerutan atau keriput tak menawan di bagian dahi atau kening mereka akibat stres dan lainnya.

4. Sebagian perempuan yang akan mengalami menstuasi pada waktunya, biasanya merasakan sakit pada perut bagian bawah. Nah, otot yang dekat dengan rahim, juga kadang ikut bekerja. Hal ini terjadi karena perubahan hormon dalam tubuhmu. Dan ini sangat normal. 

Selain menyebabkan kehamilan, seks juga menyebabkan pola menstruasi wanita tak tepat. Benarkah?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading