Sukses

Lifestyle

Mengenal Pasukan Asmaul Husna yang Akan Amankan Demo 2 Desember

Fimela.com, Jakarta Brimob sejatinya difungsikan sebagai kekuatan bantuan taktis kepolisian dalam menghadapi persoalan pengamanan fisik, kerusuhan, konflik sosial, dan konflik bersenjata. Namun ada yang berbeda dengan satuan Brimob ini.

 

Pasukan ini tidak dibekali senjata dan memiliki ciri khas menggunakan sorban dan peci putih. Mereka bernama pasukan Asmaul Husna yang terdiri dari 499 personel dari Polda Jabar, Polda Banten, dan Polres Jakarta Timur.

Pasukan yang dipimpin AKBP Arif Rachman ini sempat mencuri perhatian masyarakat ketika aksi unjuk rasa Bela Islam II pada 4 November 2016 lalu.

Pasukan Asmaul Husna Siap Sejukan Demo 2 Desember dengan Dzikir. (Bintang.com/Nurwahyunan)

Pencetus pasukan tersebut adalah motivator sekaligus Pendiri Emotional Spritual Quotient (ESQ) Leadership Center berawal dari keprihatinan motivator kondang Ary Ginanjar Agustian.

Namun jauh sebelum itu, pasukan Asmaul Husna, sejatinya sudah ada dari tahun 2008. Pasukan itu berada di Polda Jawa Barat dengan nama Brimob TMZ Asmaul Husna. Adalah Brigjen Pol Dr. Bambang Usadi MM yang merupakan penggagas berdirinya Brimob TMZ Asmaul Husna Polda Jabar.

Pasukan Asmaul Husna Siap Sejukan Demo 2 Desember dengan Dzikir. (Bintang.com/Nurwahyunan)

Menurut AKBP Widodo, Kaden pengamanan aksi 2 Desember 2016 dari Polda Jabar, mengatakan di satuan Brimob Polda Jabar, kultur melafadzkan Asmaul Husna sudah mnejadi bagian inhern dari setiap personel Brimob.

“Setiap hari seusai salat, asmaul husna senantiasa dilantunkan. Semuanya hafal Dzikir asmaul husna karena diamalkan sehari hari- setelah salat wajib,” kata Widodo.

Sejak berdiri pada 2008, keberadaan Brimob TMZ Asmaul Husna Polda Jabar sangat efektif untuk meredam aksi anarkis peserta unjuk rasa.

;
Loading