Sukses

Lifestyle

Dewi Sartika Muncul di Google Doodle Hari Ini

Fimela.com, Jakarta Jika kamu membuka halaman utama Google hari ini, Minggu (4/12/2016), maka kamu akan melihat doodle yang menggambarkan sosok wanita dewasa tengah mengajarkan enam gadis kecil. Wanita itu adalah Dewi Sartika, pahlawan nasional yang menjadi perintis pendidikan untuk kaum perempuan.

Merayakan ulang tahun Dewi Sartika yang ke-132, Google menggambarkan sosok Dewi Sartika tengah mengajarkan para muridnya menulis. Di papan tulis tersebut juga terpatri tulisan ‘Google’ yang ditulis dengan kapur berwarna putih. Selain Raden Ajeng Kartini, Dewi Sartika adalah salah satu wanita yang mendorong para wanita di Indonesia untuk mengenyam pendidikan.

Demi menjalankan misinya agar wanita Indonesia juga bisa sekolah, ia pun mendirikan sekolah perempuan pertama bernama “Sakola Istri’ di Bandung pada 1904 silam. Tak hanya di Bandung, sekolah yang telah mengubah nama menjadi ‘Sakola Keutamaan Istri’ itu pun tersebar ke seluruh kota dan kabupaten di Jawa Barat.

Dewi Sartika Muncul di Google Doodle Hari Ini. (Foto: mutianurf.blogspot.co.id)

Tak hanya sekali, sekolah yang dibangun oleh Dewi Sartika pada 1929 atau tepatnya saat usia sekolah tersebut sudah 25 tahun, sekolah berganti nama lagi. Untuk mengenang nama Dewi Sartika, sekolah tersebut mengganti nama menjadi ‘Sakola Raden Dewi’.

Dewi Sartika Muncul di Google Doodle Hari Ini. (Foto: koinkuno.com)

Dikutip dari berbagai sumber, Dewi Sartika lahir pada 4 Desember 1884 di Bandung dan meninggal pada 11 September 1947 di Jawa Barat. Anak dari pasangan Raden Somanagara dan Raden Ayu Rajapermas ini sudah mulai mengajar kaum wanita sejak tahun 1906 di lokasi sekitar rumah sang Ibu yang berada di daerah kota Bandung. Berkat jasa-jasanya tak heran jika hari ini Google memperingati kelahiran Dewi Sartika dengan menampilkan sosoknya dalam Google Doodle.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading