Sukses

Lifestyle

Tempuyang, Tanaman Ajaib yang Sanggup Hancurkan Batu Ginjal

Fimela.com, Jakarta Batu ginjal, bukan saja diderita banyak orang tua. Tapi juga anak-anak muda. Sebagian besar penyebabnya lantaran jarang minum air putih dan sering menahan kencing. Apa lagi, kalau kamu kerap minum minuman bersoda dan mengonsumsi multi vitamin tanpa diikuti dengan konsumsi air putih yang lebih banyak dari biasanya. 

Tentu saja, penyakit ini sangat menyiksa. Kedokteran memang sudah menemukan cara untuk mengobatinya. Tapi, sebagian orang memilih untuk urung ke dokter dan menjalani perawatan serta penanganan dari dokter karena berbagai alasan. Kalau begitu, mungkin kamu mau mencoba untuk menggunakan pengobatan herbal. Sebuah tanaman yang telah lama menjadi tanaman obat bisa kamu gunakan untuk memberantas batu ginjal. 

Namanya tempuyang. Meskipun namanya aneh, tempuyang ini dipercaya sanggup menghancurkan batu ginjal. Sering dianggap sebagai tanaman liar, tempuyang memiliki nama latin Sonchus arvesnsis. Dilansir dari berbagai sumber, tempuyang mengandung silica, kalium, magnesium, natrium dan senyawa organik seperti falonoid, kumarin, taraksasterol, inositol, dan asam fenolat. 

Batu ginjal

Kandungan kalium yang tinggi inilah yang bisa menghancurkan batu ginjal. Hal ini sudah diuji dan diteliti Profesor Sarjito dari Universitas Gajah Mada, Yogyakarta. Caranya adalah dengan merebus daun tempuyang pada suhu 30-35 derajat celsius. Lalu minum air rebusannya. 

Atau, kamu juga bisa menambah bahan herbal lainnya seperti daun avokad, sawi, dan sedikit gula merah. Selain digunakan sebagai obat batu ginjal, tanaman ini juga dikenal sebagai obat asam urat. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading