Sukses

Lifestyle

Tidak Ada yang Melarangmu untuk Mengeluh

Fimela.com, Jakarta Namanya juga manusia tidak sempurna, pasti bisa melakukan kesalahan dan tak ada larangan juga jika bos kamu memarahimu atas kesalahan yang kamu buat. Yup, selain masalah percintaan dan masalah keluarga tentunya, masalah di kantor bisa jadi salah satu masalah yang paling menguras otak dan tenaga, apalagi kalau kamu punya bos atau teman sekantor yang nggak sehati, makin nyesek, kan?

Saat kamu sedang punya masalah di kantor, maka tak ada salahnya untuk mengeluh. Ya, tak ada larangan untuk mengeluh, tapi sebaiknya kamu memilih kepada siapakeluhan itu kamu sampaikan, apalagi kalau keluhan yang ingin kamu utarakan itu soal kerjaan atau bahkan si bos. Mau tahu solusi terbaik kalau kamu tak suka dengan apa yang terjadi dikantor? Jawaban yang paling tepat adalah utarakan pendapatmu ke bos. Nah, lalu bagaimana menghadapi teman yang sering mengeluh?

Tidak Ada yang Melarangmu untuk Mengeluh. (Foto: officesense.com)

Pertama, jangan langsung menilainya buruk. Jika dia masih bisa bersikap profesional, maka cobalah mengerti apa yang kini sedang ia alami. Setiap orang pasti punya masalah, dan bisa jadi saat ini masalahnya memang banyak dan berat. Jadi, selama dia masih bisa bekerja dengan baik, dan juga tidak menghambat pekerjaanmu atau orang lain, sebaiknya berikan dia waktu untuk mengungkapkan semua bebannya.

Tidak Ada yang Melarangmu untuk Mengeluh. (Foto: marketingdonut.co.uk)

Kedua, beri contoh yang baik kepadanya. Bukan cuma anak kecil kok yang harus dikasih contoh, terkadang orang-orang dewasa juga membutuhkan figure yang baik dan harus ditiru. Cobalah untuk berbicara kepadanya tentang masalahmu, dan di akhir cerita tunjukkan sikap optimism bahwa kamu dapat menyelesaikan masalah itu dengan baik, dan tak akan membiarkan masalah itu semakin rumit.

Tidak Ada yang Melarangmu untuk Mengeluh. (Foto: marketingdonut.co.uk)

Ketiga, jangan ragu untuk menawarkannya bantuan. Nggak ada salahnya kok untuk menolong teman sekantor, karena pada akhirnya kalau kamu sedang ada masalah, dia juga pasti akan membantumu. Kalau kamu sanggup untuk membantunya, maka jangan ragu untuk memintanya berbicara tentang semua masalahnya. Siapa tahu dengan sikapmu itu dia sadar bahwa dia tidak sendirian, dan masih ada orang yang mau membantunya. Siapa tahu dengan bertukar pikiran beban atau masalahnya menjadi berkurang dan jadi nggak banyak mengeluh lagi deh.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading