Sukses

Lifestyle

Tak Hanya Desain Anyar, Uang Rupiah Baru Juga Ramah Difabel

Fimela.com, Jakarta Euforia uang baru belum juga usai. Hingga kini masih banyak pemberitaan dan bahasan tentang uang baru yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia pada Senin (19/12). Desain rupa yang begitu signifikan dengan desain uang lama menjadi salah satu topik hangat banyak orang.

Padahal, lebih dari itu, uang rupiah baru memiliki beberapa fitur yang nggak ada di uang lama. Salah satu fitur tersebut ialah blind code. Fitur blind code merupakan kode-kode tertentu yang memungkinkan tunanetra untuk mengidentifikasi nilai uang rupiah baru tersebut.

Rudianto, Kepala Unit Pengeluaran Uang Rupiah Kantor Perwakilan BI Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menjelaskan bahwa jumlah blind code di setiap nominal pecahan uang rupiah baru berbeda-beda. Sehingga, tunanetra bisa mengindentifikasi nilai uang yang tengah dipegang.

Tukar uang lama dengan uang baru di tempat ini, Gaes! (Via: instagram.com/orizasatifa90)

Misalnya pada pecahan Rp100 ribu terdapat sepasang strip sebagai blind code. Sedangkan pada pecahan Rp50 ribu memiliki dua pasang strip, dan begitu seterusnya hingga pada uang pecahan Rp1.000 terdapat tujuh pasang strip. "Tinggal diraba sisi kanan dan kiri, maka tuna netra bisa mengetahui nominalnya," jelas Rudianto pada Selasa (20/12), dikutip dari Liputan6.com.

Warga Yogya Paling Minati Tukar Uang Rupiah Baru Pecahan Kecil. (Liputan6.com/Switzy Sabandar)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading