Sukses

Lifestyle

1 Milyar Akun Yahoo Diretas, Ini 4 Hal yang Harus Kamu Lakukan

Fimela.com, Jakarta Kabar Yahoo kena hack bukan lagi cerita baru. Yahoo sebelumnya sudah kena hack pada pada September lalu. Pada saat itu, 500 juta akun pengguna diretas. Namun peretasan kali ini jauh lebih parah dari bulan Sepmtember. Pada Rabu (14/12), ada 1 milyar akun yang diretas. 

Buat kamu yang masih memiliki akun Yahoo, sebaiknya harus periksa. Karena bisa jadi akunmu juga ikut diretas. Meskipun akun tersebut tak pernah kamu gunakan, tapi di dalamnya ada banyak informasi pribadi. Mulai dari alamat surel, nomor telepon, nama lengkap, tanggal lahir, password, dan lainnya. Nah, berikut ini langkah-langkah cara memeriksa apakah akunmu diretas, menurut CNet. 

1. Log in! Ya, ini mungkin terdengar sangat klise. Setelah log in, pikirkan apakah ada akun gmail atau lainnya yang juga bergabung dengan akun Yahoomu. 

Kantor Yahoo - Kredit: Techno Buffalo

2. Ubah passwordmu sekarang. Kemudian, ingat-ingat apakah password itu juga kamu gunakan untuk akun yang lain, seperti facebook, gmail, dan lainnya. Kalau iya, segera ganti juga. Kalau bisa, jangan sampai password setiap akun sama, ya!

3. Ganti juga security questions beserta jawabannya. Kemudian, pikirkan kembali apakah kamu akan menggunakan akun ini. Kalau iya, kamu harus mengaktifkan two-step verification. Artinya, usai kamu log in dengan passowrd, Yahoo akan mengirimkan pesan yang berisi sebuah kode verifikasi, yang harus kamu masukkan pada step selanjutnya. Dengan begini, tak keamanan akan lebih terjamin. 

Hacker (iStockphoto)

4. Kalau tak ingin menggunakannya lagi, sebaiknya, akun Yahoomu di nonaktifkan saja. Begitu pula dengan akun lain yang tak lagi kamu pakai. Sebaiknya kamu hapus, sehingga tak ada celah bagi peretas untuk mengambil data-data pribadimu. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading