Sukses

Lifestyle

Selain Cut Meutia, Pahlawan Perempuan Ini Pernah Hiasi Rupiah

Fimela.com, Jakarta Uang rupiah baru resmi dikeluarkan Bank Indonesia (BI), Senin (19/12). Terdiri dari tujuh pecahan kertas dan tiga pecahan logam, desain uang baru ini selain memunculkan destinasi traveling andalan Indonesia, juga memuat figur sejumlah pahlawan nasional, termasuk Cut Meutia.

Meski jadi satu-satunya pahlawan perempuan penghias desain rupiah baru, perempuan asal Aceh itu bukan yang pertama. Sebagaimana diwartakan Liputan6.com, Cut Nyak Dhien pernah ada di pecahan Rp10 ribu tahun 1998 dan R.A Kartini di waktu yang lebih lawas, yakni 1985. Uang rupiah yang menyertakan sosok R.A Kartini dikatakan hadir dengan nuansa dominan violet dengan Candi Prambanan sebagai latar belakang.

Cut Meutia ada di pecahan Rp10 ribu uang baru. (Angga Yuniar/Liputan6.com)

Jadi pahlawan perempuan ketiga yang menghiasi mata uang Indonesia, Cut Meutia, sebagaimana dilansir dari berbagai sumber, dikatakan memiliki paras cantik dan mengenakan pakaian adat yang indah, yakni baju berkerah tinggi dan celana sutra hitam. Sosok itu pula yang muncul dalam rupiah baru yang berwarna gradasi hijau.

Seperti diketahui, BI telah mengeluarkan uang baru dalam sebelas pecahan, yakni tujuh berupa uang kertas dan tiga pecahan logam. Peluncuran ini, sebagaimana diwartakan Liputan6.com, dilakukan langsung oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Cut Meutia ada di pecahan Rp10 ribu uang baru. (Angga Yuniar/Liputan6.com)

Selain Cut Meutia, nama-nama seperti Dr. (HC) Ir. Soekarno dan Dr (HC) Drs. Mohammad Hatta, Ir. H. Djuanda Kartawidjaja, Dr. G.S.S.J. Ratulangi, Frans Kaisiepo, Dr. K.H. Idham Chalid dan Mohammad Hoesni Thamrin turut muncul di pecahan kertas uang rupiah baru.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading