Sukses

Lifestyle

Berita Hari Ini: Instagram, Drone, Daun

Fimela.com, Jakarta Instagram Stories kini menambah fitur stiker yang dapat dipakai di foto dan video. Stiker baru itu akan muncul saat mengambil foto atau video, ragamnya bergantung pada subjek gambar, seperti yang dikutip dari Antaranews.

Sebagai contoh, saat mengambil gambar pohon di taman, stiker yang muncul antara lain tentang cuaca. Instagrammer juga dapat menambahkan stiker lokasi. Stiker itu dapat digeser atau diubah ukuran sesuai keinginan.

Menyambut liburan, Instagram Stories sudah menyiapkan stiker untuk merayakannya selama beberapa minggu ke depan. Pembaruan terkini di Instagram adalah opsi “Hands-Free” yang memungkinkan pengguna merekam video dengan sekali ketuk. Di perangkat iOS, pengguna Instagram Storie dapat menyimpan semua rekaman mereka selama 24 jam menjadi sebuah video.

Berita hari ini selanjutnya datang dari BPPT yang menggunakan drone untuk hujan buatan. Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) akan menggunakan drone atau pesawat tanpa awak sebagai salah satu dari beberapa cara untuk menjalankan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) hujan buatan pada 2017.

Seperti yang dikutip dari Antaranews, "Kalau drone-nya sih sudah siap, kita gunakan Wulung (drone hasil pengembangan BPPT dan PT Dirgantara Indonesia) yang kekuatan strukturnya ditingkatkan jadi 6,7G. Rasanya 2017 sudah bisa mulai kita gunakan," kata Deputi Bidang Teknologi Industri Rancang Bangun Rekayasa BPPT Erzi Agson Gani usai membuka partner gathering Balai Besar Teknologi Modifikasi Cuaca (BB-TMC) BPPT di Jakarta, Rabu.

Pemanfaatan drone di dunia semakin menantang, bahkan pesawat F 15 dan F16 sudah tidak berawak. Kini, menurut dia, BPPT mencoba memanfaatkannya untuk memecahkan persoalan TMC yang sering terkendala saat kondisi tidak normal atau saat malam hari. 

Drone Amazon untuk mengirimkan barang kepada konsumen (Sumber: Recode)

Lalu berita hari ini yang terakhir yaitu, tentang daun artifisial. Seperti yang dikutip dari Antaranews, para ilmuwan Belanda mengembangkan daun artifisial yang bisa bertindak sebagai pabrik mini untuk memproduksi obat, kemajuan yang memungkinkan obat dihasilkan di mana saja ada cahaya matahari.

Karya itu mengetuk kemampuan tumbuhan menggunakan cahaya matahari menghasilkan makanan sendiri lewat fotosintesis, sesuatu yang ingin ditiru ahli kimia industri karena sinar matahari biasanya membangkitkan sangat sedikit energi untuk reaksi kimia.

Pabrik mini terinspirasi daun meniru efisiensi alam dalam memanen radiasi matahari menggunakan materi baru yang disebut konsentrator surya luminesens dengan saluran sangat tipis tempat cairan dipompa, memapar molekul-molekul dengan cahaya matahari.

Lampu ini bisa membuat tanaman berfotosintesis sendiri. (Via: boredpanda.com)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading