Sukses

Lifestyle

Berita Hari Ini: Ilmuwan, UGM, Menopause

Fimela.com, Jakarta Ilmuwan Universitas Diponegoro Semarang menciptakan sistem penyimpanan produk pertanian, khususnya sayuran dan buah-buahan yang lebih awet dengan teknologi ozon.

"Sistem ini bisa memperpanjang masa simpan produk pertanian dan aman," kata pimpinan Centre for Plasma Reseacrh Fakultas Sains dan Matematika (FSM) Undip Dr. M. Nur, DEA, di Semarang, Jumat.

Seperti yang diwartakan Antaranews, menurut dia, sistem itu bekerja dengan pencucian dan penirisan menggunakan air berozon sehingga menghilangkan jamur, bakteri, kapang, dan pestisida yang bisa memicu pembusukan produk pertanian.

Berita hari ini selanjutnya yaitu, mengenai Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Universitas Gadjah Mada (UGM) telah menyumbang sebanyak 4.920 dokter hewan selama periode mulai tahun 1949 hingga Desember 2016.

"Sejak berdiri hingga saat ini, FKH UGM telah melantik sebanyak 4.920 dokter hewan dari berbagai daerah di seluruh Indonesia," ujar Dekan Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Universitas Gadjah Mada (UGM) Prof. Dr. Siti Isrina Oktavia Salasia, saat dihubungi dari Jakarta, Kamis.

Seperti yang diwartakan Antaranews, menurut dia seluruh dokter hewan yang telah dilantik itu terdiri dari 2.583 orang pria dan 2.337 wanita. Sementara pada Desember 2016, pihaknya melantik sebanyak 197 dokter hewan baru.

Ia mengharapkan agar para dokter hewan baru mampu menjalankan profesinya yang berkarakter dan berkompeten.

Petugas medis memeriksa mata harimau Bengal saat menjalani operasi mata ringan di Rumah Sakit Universitas Kedokteran Hewan di Camden, Sydney, Australia, Rabu (16/11). (AFP Photo/Toby Zerna)

Tahun depan mungkin manusia akan menyaksikan untuk pertama kalinya wanita menopause melahirkan anak dari indung telurnya sendiri.

Belum lama tahun ini, sebuah klinik kesuburan di Athena, Yunani, mengklaim berhasil membalikkan siklus menopause dalam sebuah kelompok pasien. Tim dokter dari klinik itu menginjeksikan ovarium para wanita itu dengan plasma kaya trombosit dari darah mereka sendiri.

Pendekatan ini luas digunakan untuk tulang dan merekatkan luka. Intinya mengaktifkan sel batang, kendati belum jelas benar cara ini akan berhasil.

Seperti yang dikutip dari Antaranews, tim dokter menyatakan mereka berhasil menyuburkan sel telur dari pasien-pasien mereka. Mereka berencana segera menanamkan embrio-embrio ini yang jika berkembang normal maka tahun depan bayi dari wanita menopause akan lahir.

Ilustrasi ibu hamil. (Sumber : jualproduktiens)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading