Sukses

Lifestyle

Gempa Hari Ini di NTB dan NTT Tidak Berpotensi Tsunami

Fimela.com, Jakarta Hari ini gempa berkekuatan 6,6 SR mengguncang masyarakat di Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat. Dalam website BMKG dijelaskan bahwa sebagian besar wilayah NTB diguncang gempa tektonik. Gempa bumi tersebut merupakan gempa bumi berkedalaman menengah yang terjadi akibat aktivitas subduksi lempeng.

“Analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi terjadi pukul 05.30 WIB dengan kekuatan M=6,6 (selanjutnya di update menjadi berkekuatan M=6,2). Episenter terletak pada 9,19 LS dan 118,61 BT, tepatnya di laut pada jarak 79 km arah selatan Kota Bima pada kedalaman 98 km,” jelas Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Drs. Mochammad Riyadi, M.Si seperti dikutip dari website Bmkg.go.id, Jumat (30/12/2016).

Gempa Hari Ini di NTB dan NTT Tidak Berpotensi Tsunami. (Ilustrasi Gempa: media.nbcsandiego.com)

Dijelaskan pula bahwa gempa bumi hanya akan menimbulkan kerusakan ringan di daerah yang berdekatan dengan pusat gempa bumi seperti di Sumba bagian barat dan utara, serta daerah Bima di bagian selatan. Dalam keterangan BMKG juga menegaskan bahwa gempa yang terjadi hari ini tidak berpotensi tsunami.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading