Sukses

Lifestyle

Waspada, Patah Hati Juga Bisa Sebabkan Sakit Jantung

Fimela.com, Jakarta Sakit hati, mungkin hanya akan menyakiti perasaan dan kalbumu, akibat perilaku atau perkataan orang lain yang tidak sesuai dengan nilai yang kamu anut. Mungkin sakit hati juga bisa membuatmu benar-benar sakit secara fisik. Terbukti, ada beberapa orang yang rindu dengan kekasihnya hingga jatuh sakit. 

Tapi, benarkah sakit hati juga bisa menimbulkan penyakit jantung? Para peneliti, seperti yang sudah diwartakan majalah Time, telah lama meneliti sebuah fenomena yang dikenal dengan kardiomyopati stres, atau yang lebih dikenal sebagai sindrom sakit hati. 

Sindrom ini kerap timbul pada seseorang yang ditinggal mati pasangannya. Kematian pasangan yang dicintainya ini menyebabkan dirinya merasa seperti mendapatkan serangan jantung. Ada juga yang merasa sesak napas, nyeri pada dada, namun tanpa adanya arteri atau pembuluh darah yang tersumbat. 

Mengatasi Patah Hati dengan Bijaksana (Foto: drnorthrup.com)

Para ahli menduga, hal ini terjadi karena adanya dorongan dari hormon stres sehingga emosi bisa menimbulkan rasa sakit pada fisik, terutama jantung. "Penelitian ini menambahkan bukti kuatnya hubungan antara pikiran dan jantung," kata peneliti dari Department of Public Health di Universitas Aarhus, Denmark. Jadi, kamu juga harus waspada, ya! Jangan lupa untuk menyayangi jantungmu dengan makan makanan sehat dan juga berolahraga. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading