Sukses

Lifestyle

Tak Perlu ke Dokter, Ini Cara Periksa Kanker Payudara

Fimela.com, Jakarta Kanker payudara sudah menjadi salah satu penyakit mematikan yang paling ditakuti kaum Hawa. Bagaimana tidak kanker jenis ini diderita begitu banyak perempuan. Apa lagi kamu yang memiliki riwayat kanker pada generasi sebelumnya. Karena katanya, kamu juga punya kemungkinan untuk mendapatkan kanker tersebut. 

Ada atau tidak ada kemungkinan, para dokter dan juga Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI) sudah mengimbau para kaum hawa dari berbagai kalangan usia, untuk memeriksakan payudaranya secara berkala. Namun, karena membutuhkan waktu dan biaya untuk ke dokter, kamu bisa memeriksakan payudaramu sendiri hanya dengan menggunakan tanganmu. 

1. Berdirilah di depan sebuah cermin dan perhatikan apakah ada bentuk yang berubah pada kedua payudaramu, jika dibandingkan dengan minggu atau bahkan satu hari lalu. Tapi, kamu jangan panik dulu, kalau menemukan perbedaan di antara keduanya. Karena, bentuk dan juga ukuran kedua payudaramu sebenarnya tak sama. Perhatikan juga bentuk dan ukuran payudaramu, pada saat kedua tanganmu di angkat ke atas. 

6 Langkah Periksa Payudara Sendiri

2. Kemudian, taruh tanganmu pada kedua sisi pinggang. Tekan kuat-kuat pinggangmu dan gerakkan kedua lengan serta siku ke depan sambil mengangkat bahu. Perhatikan apakah ada benjolan atau hal yang ganjal pada kedua payudara. 

Gejala Kanker Payudara Bukan Hanya Benjolan

3. Melihat saja rasanya tak cukup. Cobalah raba salah satu payudaramu, sambil mengangkat salah satu lenganmu ke belakang kepala. Raba dengan gerakan memutar searah jarum jam, ke atas dan ke bawah, serta dengan gerakan tangan dari tengah ke bagian pinggir payudara. Rasakan apakah ada benjolan yang tak wajar. 

Pasien kanker payudara yang suka menyendiri lebih mungkin alami kematian dini dibandingkan yang tetap aktif bersosialisasi.

4. Pencet perlahan puting payudara. Perhatikan, apakah ada cairan yang tidak normal keluar dari puting? Kalau ada, segera periksakan ke dokter. 

5. Berbaringlah dengan menaruh bantal kecil di bawah bahu kanan. Letakkan tangan kirimu di bawah kepala. Rabalah seluruh permukaan payudara kiri dengan kerakan seperti yang dijelaskan pada nomor 3. Lakukan hal yang sama pada payudara kanan. Kalau kamu menemukan sebuah kejanggalan seperti benjolan pada payudara atau keluarnya cairan tak biasa pada puting payudara, sebaiknya kamu harus langsung ke rumah sakit. Periksakan dirimu dengan metode yang lebih akurat. Ingat juga, kanker payudara dengan stadium dini akan lebih mudah ditangani ketimbang stadium lanjut. 

Pasien kanker payudara yang suka menyendiri lebih mungkin alami kematian dini dibandingkan yang tetap aktif bersosialisasi.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading