Sukses

Lifestyle

Begini Cara Menekan Pengeluaran Keluarga

Fimela.com, Jakarta Mengawali 2017, kita tentu memiliki berbagai macam resolusi. Hal itu bisa jadi topik yang menarik, apalagi bagi kita yang baru saja menikah. Mau tidak mau, salah satunya, kita akan berbicara soal pemasukan keluarga dan perbandingannya dengan daftar kebutuhan.

Jika saat ini kita masih merasa bahwa jumlah pemasukan dan kebutuhan kita tidak menghasilkan surplus, pembicaraan mengenai bagaimana berhemat jadi mendesak. Jangan sampai itu kian berlanjut, menjadi masalah yang berlarut-larut sehingga berpotensi mengancam kebahagiaan keluarga kita. Mari kita cari solusinya.

Daftar & Jumlah Pengeluaran

Wajar bila kita memiliki rutinitas bersama keluarga, yang seluruhnya diniatkan sebagai kegiatan yang mempererat kita secara emosional. Namun cobalah untuk membuat daftar dari hal itu: main ke mal setiap akhir pekan, makan di restoran tiga kali per minggu, nge-gym berdua dengan pasangan, mengunjungi saudara, dan lain-lain.

Dalam daftar tersebut, masukkan pula jumlah pengeluaran kita secara ekonomis untuk masing-masing poin. Kemudian jumlahkan. Kita pun akan melihat angka Rp5 Juta, Rp9 Juta, atau bahkan lebih besar dari itu. Harusnya kita sudah menduga jumlah yang keluar itu, tetapi bisa jadi kita kaget dan berkata, “ternyata saya boros, ya”.

Hapus yang Tidak Penting

Setelah ada daftar pengeluaran selama ini, buatlah skala prioritas dan hapus poin-poin yang tidak penting. Tidak terlalu penting, tepatnya. Bukan untuk mengurangi kebahagiaan kita dengan keluarga, tetapi untuk memastikan bahwa kita memiliki surplus untuk kejadian-kejadian yang tidak tertuga seperti anggota keluarga yang sakit, kecelakaan, dan semacamnya.

Kalau sudah sampai di sini, kita hanya perlu meyakinkan semua anggota keluarga bahwa yang kita lakukan sudah tepat. Anak kita mungkin akan merengek meminta jalan-jalan setiap minggu, tetapi—kalau kita bisa memberi pemahaman—semua akan baik-baik saja. Kita pun mungkin akan tergoda belanja, tetapi akan ada yang mengingatkan jika semua pihak sepakat dengan rencana yang sedang berjalan.

Maksimalkan yang Dimiliki

Sebenarnya, kita bisa berhemat dengan ‘boros di awal’. Begini maksudnya: kita membeli beberapa barang yang berkaitan dengan rutinitas kita sehingga rutinitas tersebut bisa kita lakukan tanpa melibatkan pihak ke-3. Mari kita buat permisalan untuk rutinitas seperti makan enak, ngegym, dan melakukan perawatan kecantikan.

Ada banyak restoran untuk makan enak, tetapi ada lebih banyak barang yang memastikan kita bisa memiliki makanan enak dan sehat saat dan di rumah sendiri, Anda bisa cek di sini.  Kita pun bisa berolahraga dan membentuk badan kita tanpa perlu ke pusat kebugaran. Kita bisa melakukannya di rumah sendiri, di depan televisi sambil melihat anak kita bermain, klik di sini.
Jadi cantik pun tidak perlu ke salon, cukup klik di sini untuk caranya! #KunciBahagia 

(Adv)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading