Sukses

Lifestyle

Kenapa Friday The 13th Jadi Tanggal yang Menakutkan?

Fimela.com, Jakarta Friday The 13th atau Friday The Thirteen mungkin sudah tidak asing lagi lantara berbagai mitos tentang tanggal tersebut sudah beredar sejak lama. Hari Jumat yang bertanggal 13 dianggap sebagai tanggal horor atau menakutkan bagi sejumlah orang.

Saking menakutkannya ada orang-orang yang mengalami paraskavedekatriaphobia atau friggatriskaidekaphobia, yakni sebuah bentuk ketakutan akan tanggal 13. Dilansir dari Nationalgeographic.co.id, belum diketahui secara pasti darimana asal usul mengapa setiap hari Jumat yang jatuh tepat pada tanggal 13 itu dianggap selalu membawa nasib buruk.

Namun banyaknya peristiwa tragis yang terjadi pada hari Jumat tanggal 13 membuat banyak orang percaya bahwa tanggal dan hari tersebut akan membawa kesialan. Setidaknya di Amerika saja ada sekitar 20 juta orang yang mengalami kecemasan berlebih saat Jumat tanggal 13.

Kenapa Friday The 13th Jadi Tanggal yang Menakutkan? (Foto: samuitimes.com)

Dilansir dari Herald Sun, sebuah kajian terkemuka yang telah dipublikasikan dalam British Medical Journal pada 1993 menemukan bahwa risiko kecelakaan pada Friday the 13th lebih besar dibandingkan hari Jumat yang biasa. Studi lainnya yang dilakukan oleh Profesor Simo Nahya dari University of Oulu, Finlandia 2004, menemukan bahwa wanita, khusunya, lebih berisiko meninggal dalam kecelakaan di tanggal tersebut, disbanding saat Jumat lainnya.

Kenapa Friday The 13th Jadi Tanggal yang Menakutkan? (Foto: YouTube.com)

Friday the 13th mungkin berbahaya bagi perempuan, hal itu hanya karena perempuan memiliki rasa cemas yang lebih besar terhadap tanggal tersebut,” jelas Profesor Simo Nahya. Namun bagi sebagian orang angka 13 juga dianggap membawa keberuntungan lho.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading