Sukses

Lifestyle

7 Cara Tradisional Obati Sakit Gigi yang Bikin Kamu Menderita

Fimela.com, Jakarta Ungkapan "lebih baik sakit gigi dari pada sakit hati" memang sudah lama diyakini sebagian orang. Mereka lebih memilih sakit gigi dari pada putus cinta. Tapi, beberapa kondisi gigi yang buruk juga menimbulkan sakit yang sangat, hingga muncul pembengkakan. Bukan hanya tak bisa makan, mereka juga tak bisa membuka mulut.

Artinya, meskipun sakit gigi itu tak sesakit patah hati bagi sebagian orang, tapi kamu tetap harus memerhatikannya. Kamu juga harus mengobatinya segera, agar tidak timbul infeksi atau kemungkinan buruk lainnya. Sayangnya, tak semua orang mau ke dokter gigi karena berbagai alasan. Tapi kamu jangan khawatir. Karena Bintang.com akan sajikan beberapa obat tradisional yang menumpas sakitgigi,dilansir dari berbagai sumber. 

1. Sudah banyak orang yang menggunakan air dan garam untuk meredakan dan juga menghilangkan sakit gigi. Buat kamu yang belum pernah mencoba cara ini, caranya mudah sekali. Kamu cuma butuh air hangat satu gelas dan 3-4 sdm garam. Lalu, berkumurlah selama 1 menit dengan air garam tersebut. Lakukan setiap hari atau pada saat gigi sakit. Tapi, hentikan penggunaan kalau sudah sembuh. 

Campuran air hangat dan garam untuk sembuhkan sariawan. (Foto: aos.iacpublishinglabs.com)

2. Bawang putih, meski bau, tapi memiliki kandungan antiseptik yang baik. Caranya, dengan menumbuk 1-2 biji bawang, dan tempelkan pada bagian gusi atau gigi yang sakit, selama 10 menit. Setelah itu, kumur dengan air hangat. 

Menghilangkan Rasa Sakit Gigi dengan Bawang Putih ?

3. Jeruk nipis juga sangat ampuh buat hilangkan rasa sakit di gigi karena juga mengandung antibiotik. Cara mengolahnya mudah.Kamu tinggal ambil satu jeruk nipis. Lalu belah dan peras. Oleskan pada bagian gigi yang sakit. 

Jeruk Nipis dan Jerawat

4. Kamu juga bisa menggunakan bumbu dapur seperti lada atau merica. Kedua bumbu ini ternyata sudah dikenal sebagai anti peradangan sejak lama. Kamu bisa mengkombinasikan dengan cara pertama, lalu menambahkan bubuk lada atau merica dan berkumur dengan air larutan tersebut. 

Lada hitam, manfaatnya tak sekedar jadi bumbu. (thehomesteadgarden.com)

5. Selama ini, avokad atau biasa disebut alpukat hanya digemari daging buahnya saja. Tapi ternyata, bijinya yang besar juga berguna untuk sakit gigi. Caranya, dengan mengeringkan biji alpukat dan lantas menyangrainya di atas api. Setelah itu, tumbuk hingga halus. Bubuk ini lantas bisa kamu campurkan dengan air garam yang hangat. Berkumurlah dengan larutan tersebut. 

Kandungan antioksidan yang tinggi, membuat biji avokad dapat dikonsumsi dan meningkatkan kekebalan tubuh.

6. Kamu suka pedas? Tak akan menangis kalau makan cabe rawit? Berarti kamu bisa memilih cabe rawit sebagai obat tradisional sakit gigi. Kamu cuma tinggal menumbuk satu buah cabe rawit, lalu larutkan dalam air hangat. Kemudian, berkumurlah dengan air larutan tersebut. 

Cabai rawit. | via: liputan6.com

7. Getah jarak, telah lama dikenal sebagai obat sakit gigi yang sangat ampuh. Meskipun begitu, ada banyak orang yang menganggap getah jarak ini juga bisa merontokkan gigi pada penggunaan tertentu. Tapi, kalau kamu berani dan masih ingin mencoba, kamu bisa meneteskangetah jarak yang masih sangat baru ke bagian gigi yang bolong. Setelah itu, diamkan selama 30 menit. Lalu kumur dengan air hangat hingga bersih. 

Nyeri Sakit Gigi Reda dengan Getah Jarak

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading