Sukses

Lifestyle

Ingin Seperti Ira Koesno, Ini yang Perlu Kamu Perhatikan

Bintang.com, Jakarta Ira Koesno sukses memandu acara debat perdana kandidat calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta 2017 yang diselenggarakan di Hotel Bidakara, Jakarta dan disiarkan secara langsung beberapa stasiun televisi, Jumat malam pekan lalu.

Jangankan lihat Ira Koesno langsung, baru lihat fotonya saja mata kamu pasti nggak berkedip deh, cantik banget! (via: Instagram)

Ira Koesno selaku moderator mampu membuat acara debat berlangsung tajam dan menarik. Bagi kamu yang ingin menjadi moderator seperti Ira Koesno, perhatikan hal ini.


1. Membuat kerangka

Meski kamu memiliki jam terbang tinggi, jika tidak dikonsep terlebih dahulu, acara akan dijamin di luar harapan.

2. Kemampuan menguasai bahan

Saat menyimpulkan bahasa peserta debat, sampaikan dengan bahasa yang lugas agar mudah dimengerti peserta dan penonton. Kemampuan menguasai bahan juga bisa membuatmu mengimprovisasi acara agar lebih tajam. Ira Koesno dalam acara debat pada malam itu juga beberapa kali tak berpaku pada alur dalam memberikan pertanyaan kepada peserta debat.

3. Kemampuan mengendalikan dan mengarahkan jalannya debat.

Kamu harus memiliki ketegasan dalam mengambil keputusan untuk mampu mengendalikan proses debat agar suasana tetap nyaman, pembicaraan tetap pada pokok masalah, dan berjalan lancar tepat waktu.

Ira Koesno. (via: Instagram)

4. Bersifat netral atau objektif.

Kamu harus menghargai pendapat setiap pembicara dan jangan sampai berat sebelah atau memihak.

5. Pitch Control

Ira Koesno mengakui di balik kesuksesannya memandu acara tersebut, sebenarnya ada beberapa hal yang kurang dari dirinya. Salah satunya adalah kontrol suara karena disebabkan keriuhan pendukung para kandidat.

 

Loading